Laman

Senin, 22 Agustus 2016

Puding Roti Kukus Lapis Agar Coklat

بسم الله الرّ حمن الرّ حيم
Assalamu'alaykum


Beberapa waktu yang lalu ketika beli beras di kios langganan, saya melihat ada roti tawar di sana.
Karena abang roti langganan anak saya tidak jualan, akhirnya nyomot sebungkus. Setelah sampai di rumah dibuka dan dicicip, kok kurang sreg dengan rasanya ya hehehe....Akhirnya masuk kulkas deh. Sambil si roti tawar nginep di kulkas, si emak cari ide mengolah roti tawar. Karena punya stok agar-agar, langsung kepikir bikin puding roti lapis agar-agar. Bahan yang dipake mudah dan sederhana ya biar para pembaca DapurManis nggak pusing cari bahan kalo mau bikin. Alhasil setelah matang enak. Apalagi kalo dinikmati dalam kondisi dingin dari kulkas. Mak nyess rasanya....Alhamdulillaah...


Bahan :
300 gr roti tawar berkulit
600 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa parut
125 gr gula pasir
1/4 sdt garam
2 butir telur utuh, kocok mengunakan garpu asal rata
Lapisan agar coklat :
1 pack (7 gr) agar-agar bubuk plain/coklat
100 gr gula pasir
1/8 sdt garam
600 ml susu cair
2 sdm coklat bubuk, larutkan dengan 100 ml air panas
100 gr dark cooking chocolate, cincang kecil-kecil --> coklat batang warna gelap
1 sdm tepung jagung, larutkan dalam 50 ml air dingin

Cara membuat :
  1. Potong-potong atau sobek roti tawar menjadi bagian-bagian kecil. Sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan ke dalamnya santan, gula pasir dan garam. Nyalakan api dan rebus sampai mendidih serta gula menjadi larut. Matikan api, koreksi rasanya. Jika kurang manis, tambahkan gula mumpung masih panas, sehingga gula mudah larut. Biarkan dingin. 
  3. Tuang ke dalam baskom besar. Masukkan telur dan aduk sampai rata. Masukkan roti tawar dan biarkan roti terendam selama 15 menit.
  4. Panaskan kukusan sampai mendidih dan beruap. Sementara itu siapkan loyang bulat diameter 20cm tinggi 7cm, alasi kertas roti dan olesi semua bagian menggunakan minyak/margarin/mentega. 
  5. Setelah air kukusan mendidih, tuang adonan roti tawar ke dalam loyang, ratakan. Kukus selama 30 menit. Angkat, dinginkan supaya padat dan kokoh teksturnya.
  6. Lapisan Agar Coklat : masukkan ke dalam panci agar-agar bubuk, gula pasir, garam, susu cair, larutan coklat dan coklat cincang. Rebus sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan larut. Koreksi rasanya.
  7. Masukkan larutan tepung jagung, aduk sampai kental dan mendidih kembali.
  8. Tuang adonan agar-agar ke atas puding roti yang telah dingin. Bekukan.

رَبُّكُمُ الَّذِيْ يُزْجِيْ لَـكُمُ الْفُلْكَ فِى الْبَحْرِ لِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ  ؕ  اِنَّهٗ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

  Tuhanmulah yang melayarkan kapal-kapal di lautan untukmu, agar kamu mencari karuniaNya. Sungguh Dia Maha Penyayang terhadapmu ~ QS. Al Isra' ayat 66
 

4 komentar:

  1. Mba Rina, update dirimu kok ga ada ya di blogger dashboard ku? Tiba2 iseng maen ke sini..loh mba Rina ada postingan baru..ketinggalan deh..
    eh btw boleh juga neh mba puding roti lapis begini, pasti yummy neh..bookmark dulu ah.. thanks yo mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh kenapa ya kok bisa ilang gitu. Dulu aku pernah gitu juga. Blog yang aku ikuti nggak pernah muncul postingannya di dashboard. Gak tau apa sebabnya. Akhirnya aku hapus dulu blog tsb dari blogger dashboard, kemudian aku follow lagi. Alhamdulillaah bisa muncul lagi postingan dia di dashboard-ku.

      Boleh, contek aja tuh resepnya hehe...

      Hapus
  2. sudah muncul mba updatenya.. ternyata cuma telat doank.. lega..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilaah....thanks masih mau ngikuti blogku mmuuah...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.