Halaman

Kamis, 25 Agustus 2016

Sayur Asem Merah

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu'alaykum


Apa sayur berkuah favorit Anda ? Kalo saya sayur asem.
Sejak saya kecil, sayur yang paling doyan adalah sayur asem, menyusul sayur bayam. Ini dikarenakan ibu rahimahullah kalo masak sayur asem selalu pake kacang tanah. Ngefans gitu sama kacang tanah. Selain itu bumbunya sangat minimalis. Salah satu alasan juga yang disukai ibu karena sayur ini tergolong cepat bikinnya. Tinggal cemplang cemplung semua bahan, selesai deh. Karena minimalis itulah sayur ini jadi terasa ringan dan segar. Digadoin begitu saja tanpa nasi, paling demen saya. Nah karena agak lama nggak bikin, jadi kangen. Tapi kayak biasa dibikin modifikasinya. Sayur asem yang biasanya bening saya kasih cabe merah besar supaya warnanya merah. Setelah matang enak, asem seger dan sedikit pedas meski bijinya sudah dibuang semua. Ketika anak saya melihat sayur ini dia sedikit heran dan berkata, ini asinan ya ?? hahahaaaa......

Bahan :
75 gr kacang tanah yang berkulit ari
1 tongkol jagung manis, potong bulat
2 bh wortel, potong bulat bulat
125 gr labu siam, potong dadu
5 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
5 butir asam jawa, larutkan dalam 100 ml air panas
700 ml air
3 buah cabe merah besar, buang bijinya
1 sdt garam
2 sdt gula pasir

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Rebus kacang tanah sampai empuk dan matang, Buang airnya dan tiriskan. 
2. Sementara itu haluskan cabe merah besar bersama sedikit air menggunakan blender, sisihkan.
3. Masukkan jagung manis, bumbu iris dan sisa air ke dalam panci. Rebus sampai mendidih dan jagung jadi matang. 
4. Masukkan air cabe, garam, gula dan air asam (jangan lupa air asamnya disaring). Menyusul wortel, labu siam, kacang panjang dan kacang rebus. 
5. Didihkan kembali. Setelah mendidih koreksi rasanya, matikan api.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.