Halaman

Sabtu, 20 Agustus 2016

Sup Oyong Dan Soun Lagi...

بسم الله الرّ حمن الرّ حيم

 
Assalamualaykum
Siapa yang ngefans dengan sup ??? Ngacuuung... Sup yang paling sering saya buat di rumah adalah sup oyong/gambas dan soun.
Sudah tidak terhitung saya masak sup oyong atas permintaan orang rumah. Apalagi Ciledug turun hujan hampir setiap hari. Alhamdulillaah. Dengan cuaca dingin paling pas makan makanan yang berkuah panas. Resepnya mirip dengan yang dulu. Hanya bakso diganti sosis ayam dan kaldu ayamnya dibuat mendadak saat itu juga.

Bahan :
1.000 ml (1 liter) air
1/4 ekor ayam, potong 6 bagian
1 bh bawang bombay ukuran kecil, iris panjang
2 siung bawang putih, memarkan
5 bh sosis ayam, iris bulat
2 bh oyong/gambas, kupas, potong bulat
1 bh wortel ukuran besar
1 tongkol jagung manis, disisir
100 gr soun, seduh air panas, tiriskan
1 batang daun bawang, iris 1 cm
1 bh tomat merah, potong-potong
1/4 biji pala parut
garam, gula, merica secukupnya
Sambal kecap

Cara membuat :
1. Didihkan air, masukkan ayam dan rebus sampai empuk. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu. Masukkan ke dalam kaldu mendidih.
2. Masukkan wortel, jagung dan sosis. Bumbui dengan pala, garam, gula dan merica. Jika suka kaldu bubuk bisa ditambahkan. Cek rasanya.
3. Setelah mendidih kembali masukkan oyong, daun bawang dan tomat. Matikan api.
4. Dalam sebuah mangkok sayur, letakkan soun yang telah diseduh. Tuang sup oyong di atasnya. Sajikan bersama sambal kecap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.