Halaman

Selasa, 27 Oktober 2015

Nagasari Roti Tawar Pandan

Assalamualaykum


Punya sisa roti tawar di kulkas nih. Ketika dicek sudah keras karena sudah beberapa hari di rumah sebelum masuk kulkas.
Harus diberdayakan supaya nggak mubazir. Kalo bikin puding, kok bosen rasanya. Apalagi ada pisang uli di rumah. Kepikir bikin nagasari roti tawar aja karena di lapangan komplek banyak daun pisang, tinggal ambil saja gak usah beli. Ngirit hihi....Untuk cairannya saya pake susu cair karena punya stok susu bubuk lumayan banyak. Ketika sedang nyampur susu dan gula pasir, bapaknya anak-anak minta dikasih warna ijo biar cantik. Maksudnya pake pasta pandan favoritnya gitu. Oke deh. Cara bikinnya gampang seperti pada umumnya bikin puding/bingka roti. Cuma wadahnya dibungkus pake daun pisang. Setelah dikukus sampai matang, dinginkan dulu supaya lebih sedep rasanya. Sukur-sukur sudah dimasukin kulkas duluan sebelum disantap. Tambah nyess rasanya...


Bahan :
10 lembar roti tawar kulit
10 bh pisang uli
600 ml susu cair hangat (pake santan lebih enak rasanya)
125 gr gula pasir
1/8 sdt garam halus
1/4 sdt pasta pandan
daun pisang dan lidi secukupnya

Cara membuat :
  1. Dalam wadah besar campur susu cair, gula pasir dan garam. Aduk sampai gula larut. Koreksi rasanya. Masukkan pasta pandan, aduk rata, sisihkan.
  2. Ambil selembar roti tawar, giling tipis roti kemudian letakkan 1 buah pisang diatasnya. Gulung. Jika roti patah tidak apa, toh nanti jika dituangi susu dan dikukus, akan merapat sendiri.
  3. Ambil daun pisang, letakkan 1 buah gulungan roti pisang, beri 1-2 sendok sayur susu pandan. Bungkus bentuk tum. Sematkan lidi.
  4. Kukus dalam dandang panas selama 30 menit. Angkat dan dinginkan.

10 komentar:

  1. Hmmm unik mba Rina :) Ada aja idenya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...lha habisnya kalo gitu gitu aja kan bosyen mbakyu

      Hapus
  2. nah tuh dia, di lapangan komplek sini ga ada daun pisang, jadi kudu beli, ga bisa beli sedikit lagi....
    wah bener mba, kayaknya kalau dingin lebih enak ini ya...
    tuh gambar ketiga liatnya ga kuat..pengen ikutan suapin tuh potongannya ke mulut, he he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...berarti pic-ku sukses berat bisa bikin ngiler. Ii paling syedep kalo dingin dari kulkas.
      Emang kalo nggak ada daun pisang di lapangan, mau-nggak mau ya harus beli dan harus banyak....

      Hapus
  3. Salam kenal mbk..aku Susi
    Kalau ga dibungkus dengan daun pisang tapi dicetak di loyang bisa ga ya.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeeeehhhh....met bikin ya mbak Susi

      Hapus
  4. ini kayka bongko jadinya ya mbak,ibuku sering bikin,apalagi kalo mau jenguk orang sakit^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh. Ada yang bilang bongko. Enak yah

      Hapus
  5. Balasan
    1. iya enak banget. Cepet habis nih cemilan ginian di rumah

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.