Laman

Jumat, 30 Januari 2015

Tahu Aci Kuah Cuko

Assalamualaykum


Kangen dengan tahu aci deh. Membayangkan rasanya yang kenyil-kenyil itu lho yang bikin kangen hehe....
Tapi tahu acinya tidak pake bumbu kacang melainkan pake kuah cuko. Saya perkirakan pasti cocok juga jika dinikmati dengan kuah yang asam manis ini. Setelah matang bener deh, enak dan pas. Kuah cuko yang biasa menemani pempek, serasi juga mendampingi tahu aci lho. Nggak usah berpanjang lebar, capcus resepnya aja yuk...

Tahu Aci Kuah Cuko
Sumber : Tahu Aci Bumbu Kacang
Modif : Rina Audie

Bahan :
15 bh tahu kuning kotak
200 gr aci/tapioka/kanji
4 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris tipis
200 ml air
1 sdt garam

Bahan kuah cuko :
500 ml air
200 gr gula merah
100 gr gula pasir
100 ml air asam jawa

Bumbu yang dihaluskan untuk kuah cuko:
8 siung bawang putih
5 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
1/2 sdm garam

Cara membuat :
  1. Kuah cuko : dalam sebuah panci masukkan air, gula merah, gula pasir, air asam dan bumbu halus. Rebus sampai mendidih. Cicip rasanya. Jika kurang, bisa ditambah gula dan cuka. Angkat dan saring. Buang ampasnya.
  2. Potong tahu jadi 2 bagian diagonal (segitiga) sisihkan.
  3. Letakkan aci, bawang putih halus, dan daun bawang di dalam wadah agak besar, sisihkan.
  4. Rebus air dan garam sampai mendidih. Jika suka boleh diberi kaldu bubuk dan penyedap rasa.
  5. Tuang air mendidih ke dalam aci, aduk menggunakan sendok sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat pekat, liat dan lengket. 
  6. Panaskan minyak yang cukup banyak, ambil satu buah tahu, oleskan adonan aci di atas tahu dengan menggunakan sendok teh. Goreng dengan posisi aci di bawah. Letakkan beberapa buah di atas wajan. Gunakan api kecil supaya aci benar-benar matang.
  7. Setelah kering dibalik, dan segera tusuk aci menggunakan pisau berujung tajam. Jika yang keluar adonan berwarna putih susu artinya belum matang. Segera balik supaya posisi aci ada di bawah kembali dan goreng sampai aci matang. Tapi jika yang keluar adalah warna BENING, ingat ya bening, artinya sudah matang. Lanjutkan menggoreng supaya tahu sedikit berubah warna. Setelah itu angkat dan tiriskan. Lakukan hal yang sama dengan sisa bahan sampai habis.
  8. Potong-potong tahu aci, letakkan di mangkuk dan siram dengan kuah cuko.

2 komentar:

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.