Halaman

Kamis, 29 Januari 2015

Super Fudgy Brownies

Assalamualaykum


Topik kali ini judulnya postingan telat ya karena sudah dibuat awal Januari lalu. Dulu saya pernah sms an dengan mb Mimie Jasmin Kitchen.
Seperti biasa yang diobrolin ya kue-kuean. Waktu itu mb Mimie menyarankan untuk bikin Super Fudgy Brownies. Berulangkali di kasih tau, saya masih bandel aja nggak segera bikin karena kepincut dengan resep lain. Akhirnya beberapa waktu lalu saya bikin dan sukses dengan kerasnya hahahaaa....ini karena kelamaan manggangnya. Trus dengan gokilnya brownies keras ini saya kukus biar agak empuk hihi.....entah dapat wangsit darimana kok kepikiran dikukus segala. Tapi hasilnya lumayan, bisa sedikit moist dan empuk. Selang beberapa waktu lalu saya mau ketemuan dengan teman dumay dan saya bikin brownies ini sekali lagi. Sayang acaranya batal karena saya nggak enak badan dan berakhir dengan radang tenggorokan tempo hari. Akhirnya brownies ini ngendon di kulkas dan dimakan anak-anak. Setelah bikin yang kedua kalinya saya setuju dengan mb Mimie jika brownies ini uenak banget. Browniesnya bude Martha Stewart ini memang juara. Nggak heran jika dijual pasti laku. Tapi seperti biasa saya modif resepnya terutama penggunaan gulanya yang cukup banyak dan pastinya muanisss banget. Biasa deh kalo resep bule mesti manisnya nggak ketulungan. Karena saya pake loyang brownies ukuran 20x10x4 cm, waktu panggangnya cukup 25 menit saja. Seperti umumnya brownies, cemilan ini akan lebih enak dinikmati jika sudah menginap. Rasanya akan lebih moist dan legit.


Super Fudgy Brownies
Sumber : Martha Stewart
Modif  : Rina Audie

Bahan :
113 gr mentega tawar
225 gr Dark Cooking Chocolate, cincang kecil
250 gr gula pasir (saya pake 150 gr)
3 butir telur ayam
120 gr terigu serbaguna
25 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam halus
Choco chips secukupnya

Cara membuat :
  1. Siapkan 2 bh loyang brownies ukuran 10x20x4 cm. Alasi kertas roti dengan melebihkan bagian sisinya. Olesi mentega, sisihkan. Panaskan oven suhu 200°C.
  2. Dalam wadah tahan panas, campur mentega dan DCC sampai meleleh dengan cara di tim (double boiler). Angkat dari api.
  3. Masukkan gula pasir, aduk menggunakan whisker sampai rata. Setelah hangat masukkan telur satu persatu, aduk sampai rata.
  4. Campur terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Masukkan ke dalam adonan coklat dengan cara diayak. Aduk sampai tepung tercampur, asal lembab/basah tapi jangan overmix !
  5. Tuang ke dalam loyang, ratakan. Taburi choco chips.
  6. Panggang dalam oven selama 25 menit. Jangan overbake supaya brownies tidak keras. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin di dalam loyang. Keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat kertasnya.

12 komentar:

  1. aaahh... pagi2 liat fudgy brownies...
    ampuuun...
    gak kuat...

    *hihihihi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian deh bumil ngiler gini hihi...kalo deket aku buatin lagi bu....

      Hapus
  2. jadi kangen sama mbak mimi,lama nggak lihat.....mau bronisnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb mimie sibuk terima pesanan kue. Decoration cake yang dibuat makanya udah jarang ngeblog karena waktunya habis.

      Hapus
  3. Mbak, ini dalamnya agak basah chewy gt ya

    BalasHapus
  4. Mbak ini ngaduk adonannya pakai mixer ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu mixer. Pake whisker atau spatula aja. Adonannya pekat, liat dan kental kaya dodol lho ini.

      Hapus
  5. Mentega tawar bisa d ganti dh margarine g mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja bisa tapi rasanya jadi beda ya, karena kalo pake mentega lebih moist. Trus kalo pake margarin garamnya dihilangkan saja.

      Hapus
  6. mbak ini maksudnya "Setelah hangat masukkan telur satu persatu" apa? maksudnya waktu coklat dilelehkan diatas api trs dimasukin telur satu persatu sambil di whisk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan setelah coklat meleleh DIANGKAT DARI API, kemudian gula pasirnya dimasukkan. Setelah gula masuk suhu coklat biasanya sedikit turun. Ketika mau masukin telur, cek dulu suhunya. Jika sekiranya masih agak panas, tunggu dulu biar anget. Kalo masih agak panas, ntar telurnya mateng dong. Bisa jadi scramble egg in the brownies nantinya hihi.....Memasukkan telur satu persatu sambil diaduk sampai rata.
      Jelas ya ? Coba sekarang bikin gih biar tau prosesnya gimana. Kalo dah bikin laporan lagi, ok.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.