Halaman

Selasa, 27 Januari 2015

Tempe Goreng Kemangi

Assalamualaykum


Salah satu list yang udah ada dari dulu adalah membuat tempe goreng kemangi. Sebenarnya ini tempe mendoan biasa yang diberi daun kemangi di dalam adonan tepungnya.
Saya nih penasaran, daun kemangi yang menurut saya wangi, ketika digoreng hilang nggak ya aromanya. Setelah dibuat ternyata tidak. Wangi kemangi masih tertinggal ketika dimakan. Tapi jangan terlalu kering ya menggorengnya. Jadi begitu agak kering sedikit coklat langsung dibalik. Setelah kedua sisinya berubah warna segera diangkat. Selain itu tepungnya jangan terlalu encer biar kemangi tidak kering. Kalo kering rasanya jadi liat. Dan setelah matang enak juga lho dijadikan cemilan, nggak kalah dengan mendoan versi original yang cuma pake daun bawang saja.

Bahan :
300 gr tempe, iris tipis
100 ml air untuk rendaman
200 gr terigu
250-300 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
2 genggam daun kemangi, cuci dan tiriskan
minyak goreng yang cukup banyak

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica butiran
3 butir kemiri
2 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Setelah bumbu dihaluskan ambil +- 1/3 bagian dan campur dengan 100 ml air. Masukkan tempe yang telah diiris tipis, rendam selama10-15 menit.
2. Dalam sebuah mangkok yang agak besar, campur sisa bumbu halus dan terigu, tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, sampai kekentalan yang diinginkan. Koreksi rasanya. Masukkan daun bawang dan kemangi.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Celupkan tempe ke dalam adonan terigu, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

4 komentar:

  1. baru tau ada mendoan kemangi hehehe.iyes,ada tempe nganggur,,siap2 eksekusi ah...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih bu gulu rajin deh jam segini udah komen. Cobain aja mendoan kemangi ini. Kalo yang suka kemangi kayak aku seneng banget makan ginian. Kalo kurang suka, separuh adonan tepung bisa dibuat original, sebagian lagi dikasih kemangi. Met bikin yaaa....

      Hapus
  2. Pagi2 sarapan mendoan enak bgt kyna iniih.. tp ijo2nya cuma daun bawang doang, ga ada kemangi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya di sana nggak ada kemangi hehe....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.