Laman

Sabtu, 31 Januari 2015

Sambel Oncom Kemangi

Assalamualaykum


Cuaca dingin karena musim hujan membuat ingin menikmati makanan yang pedas-pedas. Salah satunya berbahan oncom.
Oncom yang dijual ini terbuat dari ampas tahu berwarna merah oranye. Menurut saya oncom seperti ini paling pas dibuat sambel. Biasanya sih pake leunca, tapi saya nggak doyan leuncca sampe sekarang hehe....Sebagai variasi saya beri daun kemangi biar wangi ( sambil lirik Mama Aisyah di Brussel sana "sayang disana nggak ada kemangi ya say" ). Resepnya sederhana saja seperti sambel oncom yang pernah dibuat sebelumnya.

Sambel Oncom Kemangi
Sumber : Sambel Oncom
Modif : Rina Audie

Bahan :
250 gr oncom merah oranye dari ampas tahu
1/2 sdt garam
50 ml air
2 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar, buang bijinya
4 bh  cabe merah keriting
2 bh cabe rawit merah
merica bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
1 genggam daun kemangi, cuci, tiriskan

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah, hancurkan/remas-remas oncom sampai berbutir-butir kecil. Beri garam dan air, campur sampai rata. sisihkan.
2. Haluskan bawang putih dan semua cabe.
3. Tumis bumbu halus sampai matang dan agak kering. Gunakan api kecil sampai bumbu benar-benar matang dan tidak langu.
4. Masukkan oncom, beri merica, aduk rata. Cek rasanya. Jika terlau kering tambahkan sedikit air.
5. Terakhir masukkan daun bawang dan daun kemangi, aduk rata dan angkat dari api. Sajikan.

9 komentar:

  1. aarkkk aku sekali nyoba onco,enak ya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jam segini udah ol, libur ya bu. Sekali nyobain oncom dan terasa enak, pasti ketagihan seperti aku hehe...

      Hapus
  2. Belum pernah makan oncom... Penasaran banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya um di surabaya nggak ada oncom ya...

      Hapus
  3. Hiyaaa..pengsaan liat sambel oncom plus kemangi
    Hiksss..hiksss...
    pasti syedaap ini mbaa, sepiring pasti nambah lagi :D

    BalasHapus
  4. Hiyaaa..pengsaan liat sambel oncom plus kemangi
    Hiksss..hiksss...
    pasti syedaap ini mbaa, sepiring pasti nambah lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. disana nggak ada oncom juga yah. Jangankan oncom, pabrik tahu aja belum tentu ada kan...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.