Halaman

Senin, 02 Februari 2015

Tahu Tempe Masak Krecek dan Terasi

Assalamualaykum


Tempo hari ketika belanja di tukang sayur, saya melihat ada cabe merah besar seberat 1/4 kg. Saya mikir, kalo tukang sayur udah bawa berarti harganya sudah turun.
Begitu saya tanya "berapa ini mbak ?". Tukang sayur menjawab " 10 ribu bu". Langsung saya ambil saja tanpa pikir panjang lagi. Sudah terlalu lama menahan diri, tidak makan cabe merah besar karena harganya yang melambung tinggi dan nggak masuk akal (kalo pake cabe keriting semua nggak tahan lambungnya). Jika cabe merah keriting saja harganya Rp.100 ribu/kg, cabe merah besar ini bisa lebih mahal lagi. Konon pernah mencapai Rp.120-130 ribu/kg. Benar-benar fantastis ! Padahal biasanya cuma Rp.5000-6000 untuk 1/4 kg. Murah kan. Setelah dapat cabe dengan harga yang sebenarnya masih mahal ( hehe...) saya langsung pingin masak dengan tahu dan santan. Kayak sambel goreng tapi pake variasi bumbu terasi. Untuk isinya ditambah tempe goreng dan krecek (kerupuk kulit). Biarpun pake terasi tetap sedep lho. Terasi bisa digunakan sebagai pengganti ebi jika nggak ada, meski warna, aroma dan rasanya beda jauh. Padahal sama-sama terbuat dari udang. Jangan under estimate lho ya kalo masak pake terasi. Kalo sudah kepincut baru tau rasa deh hehehe....

Bahan :
10 bh tahu goreng segitiga
250 gr tempe, potong dadu
50 gr krecek (kerupuk kulit)
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk purut
3 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
600-700 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt garam
1-2 sdt gula pasir/merah
1/8 sdt merica bubuk

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
2 cm kunyit
3 butir kemiri
1 sdt terasi bakar

Cara membuat :
  1. Potong tahu goreng jadi 2 bagian sisihkan. Goreng tempe sampai berkulit, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai, aduk-aduk sampai bumbu matang dan agak kering. Gunakan api kecil supaya tidak gosong.
  3. Masukkan santan, tahu, tempe dan krecek. Beri garam, gula dan merica. Biarkan mendidih dan masak sampai santan menyusut. Koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api dan sajikan.


6 komentar:

  1. pagi pagi dah nemu resep enak ini..langsung tkp ya kk..

    BalasHapus
  2. aku lama g makan krecek,kangen bangettt di lodeh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. krecek dilodeh ? Baru tau nih. kapan-kapan mau nyobain ah. Thank's buat idenya...

      Hapus
  3. Cabe parah bgt ya mba naeknya kmrn, tanem aja di pot mba..ntar klo mo masak tinggal petik hihihi..
    Eh aku malah suka rasa & aroma terasi, bikin laper :P :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap musim hujan harga cabe bisa naik nggak karuan deh. Yang paling gila tahun kemarin deh kayaknya. Kalo nanam sendiri dijamin mesti mati hahahaaa....tanganku panas kata orang. Jangankan cabe, nanam bumbu dapur aja yang gampang numbuh, juga mati tuh hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.