Laman

Selasa, 03 Februari 2015

Urap Kencur

Assalamualaykum


Tiap kali belanja di tukang sayur saya sering melihat daun yang asing bagi saya. Daun ini masih utuh bersama batang beserta umbinya.
Ketika tanya ternyata itu adalah daun kencur. Katanya biasa dijadikan urap. Seumur-umur baru kali ini saya melihat daun kencur utuh yang disertai umbi mudanya. Daun dan umbi ini diperlakukan sebagai sayur pelengkap urap. Jadi seperti bayam, kol, atau toge yang direbus/dikukus. Karena penasaran saya beli aja daun kencur ini sebagai pelengkap urap biar ada variasi. Bumbu urapnya seperti biasa yang ada di blog ini sebelumnya. Daun kencur ini sedikit tebal, sehingga proses pematangan saya rebus saja, sedang sayur lainnya dikukus. Setelah matang dan dicicip hmmm...enak juga. Sedikit liat daunnya. Umbinya masih ada aroma khas kencur meski tidak terlalu tajam.


Bahan :
1/2 butir kelapa agak muda, kupas kulit arinya, parut memanjang
100 ml air kaldu sapi (dari 75 gr tetelan sapi yang direbus sampai empuk)
sepotong lengkuas
3 lbr daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
1 lbr daun salam
1/2 sdt garam halus
25 gr gula merah
1/2 sdm rebon kering
25 gr tempe semangit (saya nggak pake)

Bumbu halus :
4 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri

Sayur rebus/kukus :
1 ikat (125-150 gr) daun kencur beserta umbi muda
1 bonggol sawi putih ukuran kecil, potong sesuai selera
1 bh wortel ukuran besar, potong bentuk korek api
150 kol, iris tipis
50 gr toge/kecambah

Pelengkap :
ketimun, iris tipis
daun kemangi
daun selada keriting

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Masak sampai matang dan agak kering. Tuangi kaldu sapi, masukkan garam, gula merah dan rebon. Masukkan kelapa parut dan aduk sampai rata. Masak terus sampai setengah kering. Koreksi rasanya. Angkat dan dinginkan.
  2. Cuci bersih daun kencur dan umbinya. Pastikan sampai bersih ya. Iris tipis-tipis umbi dan daunnya. Cuci bersih kembali, tiriskan. Kemudian direbus sampai matang. Sayur yang lain dikukus.
  3. Setelah sayur kukus/rebusnya matang dan dingin, campur bersama dengan bumbu urap dan pelengkap. Sajikan.

8 komentar:

  1. assalamualikum rina, spertinya enak bangat urap kencur ni mesti kaknoor mau mencoba ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam akak. Bagi yang suka dengan kencur pasti enak urap kencur ini. Silakan mencoba kak, semoga berkenan ya...

      Hapus
  2. Aku punya tanaman kencur lho mba, br pd keluar daunnya, msh kecil2.... trnyata bs dikonsumsi juga yah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicabut beberapa batang bu gulu kemudian diurap. Nggak usah terlalu banyak. Kalo kurang suka kan nggak kecewa hehe....

      Hapus
  3. baru tau aku mba kalo kencur bisa dimasak.. baru liat juga bentuknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tau kencur seperti ini juga setelah tinggal di Ciledug. Ketika di Solo taunya kencur buat jamu, lha ini kok diurap.

      Hapus
  4. Saya juga baru tau bentuknya daun kencur.... Disini kayaknya langka banget itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di surabaya dipake Sama seperti di Solo kali ya um ? Buat jamu gitu....*sok tiung*

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.