Halaman

Sabtu, 22 November 2014

Carang Gesing Gula Merah

Assalamualaykum


Meski hujan hampir tiap hari tapi jika siang masih terasa panas. Apalagi saya punya stok pisang ambon dan mikir mau dibuat snack.
Sempat kepincut mau bikin cake tapi mendadak kemecer ngebayangin carang gesing. Pernah bikin sih carang gesing ini tapi waktu itu pake gula pasir. Sekarang saya mau pake gula merah. Meski nggak punya daun pisang saya nekat pake cangkir dan pinggan tahan panas. Hasilnya, lebih wangi pake daun pisang dong. Gula merah yang saya gunakan kebetulan berwarna kekuningan, tidak terlalu gelap warnanya. Resepnya sama dengan dulu hanya pisangnya saya ganti pisang ambon. Pilih pisang yang sudah matang benar supaya legit rasanya.


Carang Gesing Gula Merah
Sumber : Carang Gesing
Modif : Rina Audie

Bahan :
15 bh pisang ambon (bisa diganti pisang uli/kepok/raja)
800 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sdm tapioka/aci/kanji
2 sdm gula pasir
100 gr gula merah, disisir/diserut
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
2 butir telur
Daun pandan, dipotong potong

Cara membuat :
1. Siapkan pinggan tahan panas volume 1 liter dan 4 bh cangkir volume @ 200 ml. Potong pisang bulat-bulat. Alasi cetakan dengan daun pandan kemudian tata pisang di atasnya. Sisihkan.
2. Larutkan tapioka dengan sedikit santan, sisihkan.
3. Dalam wadah besar campur sisa santan, gula merah, gula pasir, garam dan vanili, aduk sampai gula larut. Koreksi rasanya. Masukkan larutan tapioka dan telur, aduk rata
3. Tuangkan larutan santan ini ke atas pisang.
4. Kukus selama 35 menit. Angkat dan sajikan dingin.


8 komentar:

  1. Hooiya..ga harus pake daun pisang ya mba..
    Jajanan favorit nih, catet ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Pake cetakan alumunium juga bisa kok. Met bikin yah

      Hapus
  2. jajanan indonesia ke rin..aduhh haii sedapnye..

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti sedap zila. Apalagi jika sudah dimasukkan ke dalam kulkas, rasanya nyesss dingin...

      Hapus
  3. yg ini hasilnya g terlalu berair ya mbak? dg penambahan maizena jd agak padat.. sy pernah coba yg versi g pake tepung hanya pake 2 telur hasinya cair bgt... pengen coba yg ini... thx mbak rina...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ini tetap berair kok karena santannya banyak, menyesuaikan dengan wadahnya. Permukaannya padat, bawahnya berair. Ciri khas carang gesing tuh berair gini, meski ada yang sedikit, ada yang banyak. Jika mau, dikurangi saja santannya ya biar agak padat dan berair sedikit.

      Hapus
  4. mau dicoba mbak rina.. krn pake gula merah sdh pasti enaak.. trima kasih sebelumnya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip. Selamat menikmati carang gesingnya ya....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.