Halaman

Rabu, 16 Juli 2014

Cake Kukus Labu Kuning (Gluten Free No Food Additives)

Assalamualaykum


Pada waktu bulan puasa gini di Ciledug mulai banyak labu kuning atau labu parang atau waluh. Waluh ini agak sulit didapat di luar bulan puasa.
Ketika saya masih di Solo dulu waluh sangat mudah ditemui di pasar tradisional setiap waktu. Bahkan dulu alm bapak pernah beli waluh ukuran besar. Waluh ini tahan hingga berbulan-bulan karena kulitnya yang sangat tebal dan keras bisa melindungi daging buahnya dengan baik. Nah, mumpung ada waluh saya beli di tukang sayur beberapa potong tapi bukan dibuat kolak. Biasa, bikin kue gitu hehe...Resep yang dipake resep sponge cake ya biar hasilnya bisa menul-menul.


Bahan :
150 gr labu kuning/labu parang/waluh, dikukus
50 ml santan kental instan
75 ml minyak goreng
3 butir telur utuh
90 gr gula pasir
sejumput garam
sejumput vanili bubuk
125 gr tepung beras
25 gr tepung tapioka/kanji/aci

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 18 cm, alasi kertas roti dan olesi minyak/mentega/margarin. Panaskan kukusan supaya mendidih dan beruap banyak.
  2. Dalam sebuah blender masukkan labu kuning, santan dan minyak, proses sampai halus. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula, garam dan vanili dengan speed tinggi sampai kental, mengembang dan berjejak +- 15 menit.
  4. Turunkan kecepatan mixer dan masukkan semua tepung berselang seling dengan labu halus. Awali dengan tepung dan akhiri dengan tepung juga. Matikan mixer.
  5. Tuang ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit. Lakukan tes tusuk.
 



6 komentar:

  1. Bolehlah dikirim ke siak mbk....sekali2 chating mkn kue :)

    BalasHapus
  2. Kalo aku pribadi nih sama labu kuning masih awam mba...
    Kayanya ada langu2 gimanaaaa gitu.. hehehe... mendingan ubi aja lah... hahaha...
    (Pengen kenyang mulu...)

    Tapi pernah dibikin buttertype dg campuran labu, enak mba.
    .. kaalo diolah yg lain ga tau deh...

    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? diolah pake vanili biar wangi. Kalo aku malah suka aroma labu kuning yang dikukus. Khas gitu. Dulu pernah bikin kolak labu enak loh...

      Hapus
  3. Mba rina, makasih banyak atas resepnyaaaaa...Anak saya berkebutuhan khusus, diet gluten free, casein free, sugar free. Gula pasir mau saya ganti dg stevia. Mudah2an tetep enak yaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Ikut prihatin ya mbak dengan kondisi anaknya. Ibunya harus rajin browsing ini kalo mau bikin cemilan buat buah hati. Semoga sukses bikin kuenya dan disukai ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.