Halaman

Kamis, 17 Juli 2014

Lodeh Kikil Kuning

Assalamualaykum


Beberapa hari terakhir Ciledug diguyur hujan yang menyebabkan udara sangat dingin. Cuaca dingin begini paling pas jika makan makanan berkuah dan hangat.
Apalagi jika kuahnya pake santan hmmm pasti nikmat. Tempo hari saya masak lodeh dan dicemplungi kikil karena punya stok kikil di kulkas. Sebagai penyedap saya pake rebon/udang kering karena nggak ada tempe semangit. Hasilnya enak lho. Kikil yang kenyil-kenyil cocok dimasak lodeh juga.

Bahan :
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
500 ml santan encer
1 bh jagung manis, potong bulat
1-2 sdm rebon/udang kering/rese
150 gr kikil yang telah direbus sampai empuk, potong dadu
1 bh labu siam ukuran agak kecil, potong dadu
6 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
3 bh cabe merah, potong serong tipis (lupa nggak pake)
3 bh cabe hijau besar, potong bulat (ini juga lupa nggak pake)
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
garam, gula pasir secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
8 butir bawang merah
3 siurng bawang putih
3 cm kunyit
3 cm kencur
4 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah panci rebus jagung manis, rebon, bumbu halus, santan encer, daun salam dan lengkuas sampai mendidih.
  2. Masukkan semua sisa bahan seperti kikil, labu siam, kacang panjang dan kedua macam cabe. Tuangi dengan sisa santan. Beri garam dan gula.
  3. Didihkan sekali lagi sambil diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Cek rasanya. Jika telah matang matikan api. Sajikan.


2 komentar:

  1. Kikil model gini kalo di sini namanya cecek mba...

    Cecek(baca e=enak)

    Enaknya digadoin nih mba.. kenyal2 gimanaaaa gitu... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang, aku juga suka gadoin kikilnya tuh hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.