Halaman

Jumat, 18 Juli 2014

Oseng Tahu Sayur Dan Jamur Kuping

Assalamualaykum


Dalam rangka mengolah tahu yang ada di kulkas saya berniat masak oseng tahu. Tapi masak tahu doang yang dioseng ya.
Akhirnya saya buka-buka toples di dapur dan ketemu jamur kuping kering 1 buah. Hah ? Tinggal 1 buah ?? Nggak banget deh kalo mau masak tahu pake jamur kuping 1 biji aja. Segera bongkar kulkas dan ketemu wortel serta buncis. Sip deh. Oseng tahunya bisa punya teman lebih banyak...

Bahan :
1 bh jamur kuping kering (kalo lebih dari itu boleh bangeeett)
1 blok (350 gr) tahu putih, potong dadu
1 sdt kecap asin/ikan
2-3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
125 ml air
1 batang wortel, iris serong
5 batang buncis, potong 1 cm
1 batang daun bawang, iris serong

Bumbu iris :
3 butir bawang merah
1/2 butir bawang bombay
3 siung bawang merah
3 bh cabe merah besar

Cara membuat :
  1. Rendam jamur kuping dalam air suam-suam kuku/hangat sampai menegmbang. Tiriskan dan iris memanjang. Sisihkan. Goreng tahu sampai matang, angkat dan tiriskan.
  2. Tumis bumbu iris sampai wangi, tuangi kecap ikan, masukkan tahu dan jamur kuping. Beri kecap manis, saus tiram, garam, gula dan merica. Masukkan air, aduk rata dan biarkan mendidih. Kecilkan api dan koreksi rasanya.
  3. Setelah air agak menyusut masukkan wortel dan buncis, aduk rata dan biarkan matang. 
  4. Terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar dan angkat dari api.


4 komentar:

  1. Wahhh ... ngiler.com jadinya ...resep oseng-oseng tahu itu tugas emak-emak lha... saya kebagian nyicipin azaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak dong mas tinggal makan aja hehe....

      Hapus
  2. Blm pernah maem jamur kupiiiiing... kek gmn tu mba?

    Heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. teksturnya renyah kres-kres bu gulu. Rasanya tawar ya nggak manis, nggak asin atau lainnya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.