Bakwan Kangkung

Assalamualaykum


Untuk buka puasa kali ini saya bikin gorengan untuk cemilannya hehe... Pingin deh makan gorengan karena belum pernah bikin gorengan selama puasa.
Karena di rumah pada doyan bakwan maka saya putuskan untuk bikin dengan variasi kangkung mumpung ada stoknya di kulkas. Resepnya sama seperti bakwan pada umumnya hanya ditambah kangkung yang diiris-iris saja. Bumbu juga sesuai selera ya. Boleh kok pake resep andalan masing-masing untuk bikin bakwannya dan kemudian diberi irisan kangkung.

Bahan :
150 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdm tepung tapioka/kanji/aci
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
175 ml air
1 ikat kangkung, siangi dan dipotong-potong
1 bh wortel, serut memanjang
3 lembar kol, iris tipis
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata.
  2. Masukkan kangkung, wortel, kol dan daun bawang, aduk rata.
  3. Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan sambil dilebarkan. Siram-siram bakwan dengan minyak panas dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

Belum pernah bikin nih mba... kalo bakwan bayem pernah... enyak... lembut... ehehehe...

Kalo aku bumbu gorengan gurih tuh gak lepas ama ketumbar bwg putih mba...
Hmmm... gurih sedeeeep...

* hidup tanpa gorengan, laksana berkerudung tanpa bros...
Wkwkwkwk....

Hahaha ada aja idenya hehe.....enak nih mbk,bakwan kesukaanku bgtttt :)

waduh...kelihatannya enak banget bakwan kangkung itew...bisa dicoba ni..

wakakakaaa....jargonnya mirip mirip blogger di Dumay nih (lirik mb mimie)...
kalo aku malah kemiri yang nggak boleh ketinggalan karena bisa bikin renyah...

ayo buat. Dimakan sebagai takjil juga enak (rada sesat ajarannya)

ayo bikin kak. Enak lho...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon