Laman

Kamis, 06 Maret 2014

Bingka Roti Kukus Coklat Saus Jeruk

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu anak saya minta roti tawar. Setelah dibeli ternyata nggak habis dan teronggok di dalam kulkas sampai agak kering.
Karena sudah lebih dari seminggu Ciledug tidak hujan dan terasa sangat panas, seperti biasa langsung terpikir ingin mengolah roti tawar ini menjadi cemilan yang pasti disukai. Kangen dengan bingka roti kukus dan kemarin langsung aja dibikin. Kali ini bingkanya saya buat warna coklat. Supaya nggak monoton saya buat saus jeruk biar ada rasa sedikit asem-asem segar. Dinikmati dalam cuaca panas, ih enak banget...Juara !! Seperti biasa ibu-ibu yang belanja di dekat rumah kebagian setengah loyang yang telah saya potong-potong. Dan tanpa disangka, 10 menit kemudian piring dan mangkok wadah saus sudah kembali ke rumah dalam kondisi bersih kinclong. Udah dicuci lagi. Bukan main ! Bingka coklat ini pegang rekor paling cepat habis selama saya bagi-bagi snack. Dan komentarnya, enak banget. Paduan bingka coklat nan legit dan saus jeruknya membuat segar dan tidak eneg.


Bingka Roti Kukus Coklat Saus Jeruk
Sumber : Bingka Roti Kukus Pandan

Bahan :
  • 10 lembar roti tawar kulit/kupas
  • 75 gr margarin
  • 100 gr gula pasir
  • 500 ml susu cair hangat (susu putih/coklat)
  • 2 butir telur
  • 3 sdm coklat bubuk, larutkan dalam sedikit air panas sampai jadi pasta
  • 6 tangkup oreo beserta krimnya, hancurkan kasar

Saus Jeruk :
  • 300 ml air jeruk manis
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt tepung jagung/maizena, larutkan dalam sedikit air
Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 20 cm, olesi margarin, sisihkan.
  2. Oles roti tawar dengan margarin, potong menjadi 8-10 bagian. Sisihkan.
  3. Dalam wadah besar campur susu hangat dan gula pasir, aduk sampai gula larut. Cicip rasanya. Masukkan telur dan larutan coklat, aduk rata.
  4. Letakkan 1/2 bagian roti tawar dan 1/2 bagian oreo di dalam loyang, siram dengan 1/2 bagian susu coklat. Letakkan lagi sisa roti dan oreo, tuangi sisa susu coklat kembali. Diamkan selama sedikitnya 10 menit.
  5. Panaskan dandang sampai mendidih airnya, kukus adonan selama 20-25 menit. Angkat dan dinginkan. Masukkan kulkas supaya padat.
  6. Saus jeruk : Rebus air jeruk dan gula sampai mendidih. Cek rasanya. Masukkan larutan tepung jagung, aduk sampai kental dan meletup-letup. Matikan api.
  7. Keluarkan bingka coklat dari loyang. Potong-potong kemudian siram dengan saus jeruk, sajikan.
Note : roti tawar yang dioles margarin cukup satu sisi saja tidak perlu bolak-balik. Ketika dikukus, adonan akan naik membubung tinggi. Setelah matang dan kukusan dibuka bingka akan turun dan rata dengan sendirinya.

10 komentar:

  1. Mauuuuuuu.....tp tnp saos jeruk.lg batuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh-boleh. Kalo perlu aku bikinin lagi yang anget yah....

      Hapus
  2. mesti sedap baget nie rin..sbb tu cpt habis ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya zila bingka ini enak banget, bahkan orang rumah sudah order lagi...

      Hapus
  3. Pasti enak banget ni,,,apalgi disni dah beberapa hari mulai panas...
    .
    .
    # menadahkan piring kosong

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mb Eby. Ayo bikin. Super duper gampang plus enak...

      Hapus
  4. bau telur ng mbak ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggaklah yaw. Kan udah ketutup sama coklat bubuknya tuh....
      Kemarin aku bikin lagi buat dianter ke rumah teman dan aku kasih pasta coklat. Tambah wangi....Tapi kalo nggak pake pasta coklat pun, insya Allah nggak bau telur kok.

      Hapus
  5. suka sekali dg bingka roti...kemarin sdh coba bingka pandan rasax maknyus enaaak dimkn hangat atau dingin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo disukai. Ayo cobain yang ini. Enak bener lho. Rasanya nggak sekedar manis coklat doang. Ada rasa asem seger yang nyelip di coklatnya. Jadinya nggak eneg...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.