Halaman

Sabtu, 25 Januari 2014

Prol Tape Santan Tanpa Telur

Assalamualaykum


Apa kabar ? Semoga semua dalam keadaaan sehat ya, aamiin. Entri kali ini saya pake untuk posting prol tape yang saya buat semalam.
Basicnya sama dengan prol tape yang saya buat dulu hanya tanpa telur. Telur berfungsi sebagai penambah citarasa dan perekat. Karena minus telur, sebagai gantinya saya beri tapioka dan santan supaya rasanya agak gurih. Proses buatnya tidak pake mixer hanya diaduk-aduk pake garpu aja. Seandainya mau diaduk menggunakan tangan aja juga boleh kok asal tangannya bersih lho, hehe....Sebagai hiasan prol tapenya saya taburi chocochips biar nggak kosong melompong (kayak apaan aja sih). Setelah itu dioven sampai matang. Hasilnya, hmmm secara tekstur tetap padat  dan rasanya mirip dengan yang yang dulu tapi ini lebih gurih karena ada santannya.


Oh ya saya ingin cerita, beberapa hari terakhir ini saya menemukan beberapa resep DapurManis yang dicopas di fb, termasuk di grup dapur yang saya ikuti, tanpa menyebutkan sumbernya. Sebenarnya hal ini sudah agak lama terjadi dan berulang-ulang. Kalo sering terjadi bisa-bisa saya nanti "nguntal uwong" (makan manusia) hahaha.....gemessshhh gitu lho. Saya yakin itu hasil copas karena kalimat yang tersusun plek ketiplek dengan yang ada di blog ini. Please tolong deh, jika anda melakukan copas entah dari manapun blog/webnya, cantumkanlah sumbernya. Tunjukkanlah jika anda itu punya etika, punya niat baik untuk menghargai sesama. Ketika nulis ini saya tidak marah, cuma rasanya ada sedikit rasa nggajal di hati, kok ya pelit hanya menuliskan atau copas sumbernya saja tidak mau itu lho. Seandainya ingin diakui bahwa anda pemilik resepnya yang asli, cobalah membuat, bereksperimen dengan resep kemudian ditulis dengan kalimat anda sendiri. Ribet lho kalo sudah ketemu dengan yang namanya eksperimen. banyak menghabiskan waktu, tenaga, uang, perasaan dan keringat yang terkadang tidak bisa dinilai harganya. Setelah saya nulis hal ini tolong untuk merubah kebiasaan copas tanpa menyebutkan sumbernya. Anda tentu tidak suka jika dicap sebagai orang yang tidak punya etika kan. Saya berdoa dengan setulus hati semoga anda bisa terbuka hati dan pikiran. Ok ya saya sudahi dan tidak ingin berpanjang-panjang lagi mengenainya. Sekarang kita cek resepnya yuk....


Prol Tape Santan Tanpa Telur
Sumber : Prol Tape Keju

Bahan :
125 gr margarin
75 ml santan kental instan
500 gr tape singkong yang matang, manis dan empuk
50 ml susu kental manis
100 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
25 gr tapioka/kanji/aci
25 gr susu bubuk
Choco chips secukupnya

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C. 
  2. Lelehkan margarin kemudian matikan api dan campur dengan santan, aduk rata. Dalam wadah lain ayak tepung terigu, tapioka dan susu bubuk, sisihkan.
  3. Dalam wadah besar campur tape, susu kental manis dan gula dengan garpu sampai rata.
  4. Masukkan campuran tepung terigu berselang seling dengan campuran margarin dan santan. Aduk kembali sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat pekat.
  5. Tuangkan ke dalam loyang, ratakan dan taburi dengan chocochips. Panggang dalam oven selama 1 jam. Setelah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong potong kemudian sajikan.
 Note : jika tidak ada santan instan bisa diganti dengan 75 ml santan segar dari 1/4 butir kelapa parut. Peras dan ambil bagian kentalnya saja ya. Usahakan direbus dulu supaya prol tape tidak cepat basi.


10 komentar:

  1. wah....ikut gemes mbaca ceritanya Mbak....hal ini sekaligus membuktikan bahwa resep2 Mbak Rina emang mantab sampe banyak yg copas ;) tetep semangat ya Mbaak.....*peluk peluk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu...jadi terharu pingin nangis um. makasih tuk supportnya um *peyuk balik*
      Sebenarnya senang tidak terhingga jika resep kita disukai dan dipraktekkan banyak orang ya um, tapi kalo asal copas nggak dicantumkan sumbernya rasanya kok gimana. Mau njelasinnya secara terbuka kok ya saya nih nggak enak hati, jadi ya ngelus dada doang....

      Hapus
    2. He emh... setuju dg umi...

      Sabar ya mba.

      BTW... ngelus dAda sp y mba?
      Wihhiiiiihiiiii.....

      Hapus
    3. hihi...kepo juga ya bu gulu. Apa bu gulu mau bantuin nelen juga, hihi....

      Hapus
  2. siapa..siapa mbak yg copas.... #salah pokus.... email yo.... #kepo....hihihi
    aku komen proll tapenya ah...
    itu aku dulu pernah buat mb... pk resep mb rina.
    terlihat padat tp lembutttt.... kerasa banget tapenya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa...kepo amat ini. Biarin aja mb mimie, yang copas sak enak udele ntar gue untal deh manusainya, hahahaaa....
      Kesimpulannya, prol tape ini enak to. ayo bikin lagi kalo ketemu tape....

      Hapus
  3. Sabar ya mbaaaak. Semoga bukan saya yah*hihi. Smoga blog ini selalu menjadi inspirasi semua. Sambil nyodorin the poci anget* ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun mb Ridha *sambilnerimatehpoci*. Sukur kalo bisa memberi inspirasi, seneng deh...

      Hapus
  4. Aku prnah bikin prol tape yg pk telur dan yg ga pake... perasaan sama aja deh rasa dan texturnyah...

    Hehehe... apa karena fokusnya d rasa tapenya ajah kali ya....?
    Hmmm..... fotonya sllu cakeeeeepp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak karena memang bahan utamanya tape, jadi secara keseluruhan, tape tetep dominan rasanya...*tersipusipulagi*

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.