Laman

Rabu, 22 Januari 2014

Setup Pisang

Assalamualaykum


Cuaca dingin yang menggigit kulit sempat membuat saya kemarin sedikit nggak enak badan. Lambung terasa nggak nyaman, serasa sedikit mual.
Sampe dibela-belain "gresek-gresek" (ngoprek) toples cari cemilan. Kebetulan seharian juga hujan yang membuat pedagang makanan keliling absen. Saya sendiri males bikin saking badan ini kedinginan. Maunya selimutan terus. Tapi untunglah hari ini sudah fit kembali dan teringat masih punya pisang tanduk 3 buah di kulkas. Langsung kepikir bikin setup aja yang cepet. Setup ini mirip dengan kolak tapi minus santan, cukup pake air. Selain pisang, nanas juga bisa. Dimakan hangat atau dingin pake es batu juga oke. Kalo saya pilih yang anget saja, karena tenggorokan nggak bisa kompromi dengan es. Setelah hangat dan dicicip wuih, enaknya. Saking lamanya nggak bikin setup rasanya jadi selangit deh, hihi....Aroma kayu manis dan cengkehnya itu lho yang bikin sedap dan nikmat. Jika ingin isinya lebih banyak bisa ditambah kolang-kaling juga. Tapi saya nggak punya stok kolang-kaling jadi pake pisang aja.

Bahan :
3 buah pisang tanduk, potong serong
750 ml air
75 gr gula merah
25 gr gula pasir
sejumput garam
1 lembar daun pandan, simpulkan
3 cm kayu manis
3 butir cengkih

Cara membuat :
  1. Rebus air, gula merah dan gula pasir sampai mandidih dan gula jadi larut. Saring.
  2. Rebus kembali, masukkan garam, daun pandan, kayu manis dan cengkeh, masak sampai mendidih dan cicip rasanya. Jika kurang manis tambah gulanya.
  3. Masukkan pisang dan rebus sampai pisang matang. Angkat dan sajikan hangat atau dingin.

8 komentar:

  1. baru kali ini tau setup pisang mbak... ^_^

    ada yg baru di sana... #nunjuk alas gelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...iya nih ada prop baru. Biar ada variasi gitu
      Setup ini pake pisang kepok juga bisa, enak juga kok.

      Hapus
  2. setup pisang??/baru dneger,,,kalo dikasih santan jadi kolak kali ya heheeh....seger nih kayaknya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo dikasih santan jadi kolak. Kalo setup ini alias kolak bening, ada yang nyebut wedang gedhang (wedang pisang), lebih seger dibanding kolak. Aku lebih suka setup gini daripada kolak...

      Hapus
  3. Macam pengat jgk kn rin.
    Cuma x letak santan jew kn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengat tuh sama dengan kolak ya zila ? iya ini tanpa santan, hanya air saja yang dipake.

      Hapus
  4. Mantep juga nih buat si bapak yg lg flu n demam... kbtulan ada yg ngasih pisang kepok td sore....

    Tggl besok nyari (hah... nyari.....?) Ky manis+cengkeh...

    Siiiip mba.....mkc ya idenya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dapat kayumanis dan cengkehnya ? Ayo buruan bikin. Sedep lho ini...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.