Laman

Senin, 27 Januari 2014

Tongseng Ayam

Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu saya beli 3 buah dada ayam di tukang sayur. Niatnya sih pingin bikin bakso ayam,
tapi mendadak niat itu surut seketika sehingga si dada ayam hanya teronggok beku di freezer. Akhirnya bapaknya anak-anak menyuruh saya untuk bikin gulai ayam tapi saya ingin yang lain. Setelah buka-buka tabloid untuk cari inspirasi akhirnya saya ingin tongseng ayam. Tongseng kan bumbunya sama dengan gulai hanya ditambah kecap manis, kol dan tomat merah. Selama ini saya belum pernah bikin tongseng ayam. Kalo tongseng sapi atau tongseng kambing pernah makan. Kebetulan juga di dapur ada stok bumbu gulai kering yang saya beli di pasar. Bumbu yang dipakai lumayan agak banyak ya karena yang namanya gulai itu sarat dengan bumbu rempah. Hasilnya hmmm...wangi. Tapi saya belum bisa makan karena insya Allah puasa sampai dengan maghrib nanti. Menurut anak dan suami sih enak, Alhamdulillah....*jadingiler*

Sedikit tips disini, jika hendak menghaluskan bumbu menggunakan blender, gunakanlah sedkit minyak goreng ketika akan ditumis. Caranya masukkan semua bumbu yang akan dihaluskan ke dalam blender kemudian tuangi minyak goreng secukupnya sampai blender bisa berputar. Tetapi jika bumbu tersebut langsung direbus pakailah air secukupnya. Jangan memberi air pada bumbu yang akan ditumis karena akan mengakibatkan sari bumbu  menguap ketika ditumis. Hal ini sangat berpengaruh terhadap rasanya nanti. Biasanya akan terasa hambar (jawa : cemplang). Jadi jangan salah lho ya. Penggunaan air atau minyak tergantung dari proses pematangan bumbu nanti.


Bahan :
3 buah dada ayam, potong sesuai selera
1 bh jeruk nipis
garam secukupnya
2 buah cabe merah keriting, potong bulat-bulat
4 sdm kecap manis
1 sdm penuh bumbu gulai kering, siap pakai
1 liter santan encer dari 1/4 butir kelapa
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
5 lembar kol/kubis, potong kasar
1 butir tomat merah
bawang goreng secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt jinten sangrai
1/8 sdt klabet
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm kunyit
3 cm jahe

Bumbu yang lain :
2 cm kayumanis
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
1/5 butir biji pala, memarkan
2 buah bunga pekak/lawang
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong lengkuas, memarkan

Cara membuat
  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis, biarkan 15 menit, cuci bersih kembali.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis kayumanis, cengkih, kapulaga, biji pala dan bunga pekak sampai wangi. Tuangkan bumbu halus, menyusul daun salam,serai dan lengkuas serta cabe merah. Masak sampai bumbu matang sambil diaduk aduk sampai agak kering.
  3. Masukkan potongan ayam, aduk rata. Masukkan kecap manis dan bumbu gulai. Beri garam, gula dan merica. Tuangkan santan, masak sampai mendidih dan ayam empuk. Koreksi rasanya
  4. Terakhir masukkan kol dan tomat. Aduk sebentar dan angkat, taburi bawang goreng. Sajikan panas bersama nasi putih.

14 komentar:

  1. haduh seger kaliiiiiiiiii.....kuahnya tongseng itu seger bangett,saya suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaaa...sekarang muncul lagi nih, lama absen dari DapurManis. So pasti seger dong wong pake santan encer *padahalbelumtaurasanya*

      Hapus
  2. kayaknya komen ku yg tadi nggak masuk nih...
    mau nanya mbak... itu memang ng pake cabe halus gt ???
    cabenya cm di iris? mirip semur tp ini kayaknya pk bumbu gulai ya mb...
    pengen nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja kalo cabenya mau diuleg biar nendang pedesnya. Kalo rasanya sih tetep kayak gulai cuma warnanya kecoklatan dan sedikit manis.

      Hapus
  3. Kesukaan saya nih Mba,,, suka bangeeeet ngeeet ngeeet,, menu idola deh kalau dirumah saya,,, tapi saya pakai bumbu yang sederhana,,, gimana kalau pakai bumbu2 komplit gini ya... pasti lebih nampoool lagi rasanya,,, nYUUUMMyyy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin mb Tina, dengan bumbu komplit gini lebih yahud. Apalagi udah nginep semalam tambaah jos rasanya. Tadi pagi sarapan pake sisa tongseng ini hmmm...enak banget.

      Hapus
    2. Waalaah sampai nginap mba,,,aku g pernah bisa mba,, keburu diserang sama si Ayah... Iya mba aku pengen coba bikin yang bumbu komplit gini,, trus diinepin (diumpetin dulu berarti) heheehheeh...

      Hapus
    3. wah kalo suami sampai nggak sabar gitu artinya masakan mb Tina enak tuh, iya nggak, hehehe....

      Hapus
  4. Mauuuuu.....

    *bawa mangkok sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana mangkoknya, sini aku isi dengan tongseng bu gulu...

      Hapus
  5. Sekalian nasi angetnya yah....
    Kebetulan blm masak apa2.....

    *terimakasihsebelumnyah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, yang minta nggak tanggung-tanggung nih, hahahahaaaa...

      Hapus
  6. Balasan
    1. klabet tuh salah satu bahan rempah untuk bumbu/jamu. Aromanya kayak jamu tajam banget. Warnanya merah kecoklatan, berbutir-butir kecil. Pakenya sedikiiiiit aja, kalo kebanyakan ntar bau jamu, hehe... Kalo mau beli di penjual rempah dapur tapi yang komplit. Atau di toko jamu juga ada. Klabet ini yang memberi aroma khas pada gulai/tongseng.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.