Tempe Mendoan Triplek

Assalamu'alaykum


Heran gak dengan judul di atas ? Pasti gak lah ya. Pasti udah tau maksud saya. Tempe mendoan yang tipis ala gerobak gorengan itu lho. Kalo beli tempe mendoan saya suka ilfill deh. Habisnya tempenya tipiiisss banget. Meski tipis tapi menggoremgnya kadang kurang kering. Sebagian kering sebagian masih agak basah dan jadi alot. Udah gitu kadang tipisnya minta ampun. Berasa makan triplek rasa tempe hahahah....tapi herannya anak saya doyan. Udah gitu bapaknya anak anak malah nantangin "bisa gak bikin tempe triplek kayak gitu ?" Hahahahah.....apa sih yang emak gak bisa. Halah....asal tempenya diiris tipis juga udah jadi. Namun mengiris tempe inilah yang jadi masalah buat saya. Gak telaten ngiris tempe tipis tipiiiiss gitu. Akhirnya bapaknya anak anak pergi ke tukang tempe di pasar dan minta dipotongin sekalian. Yessss....masalah selesai. Setelah sampai rumah tinggal bikin adonannya aja. Adonannya tadi gak ditimbang asal sendok aja dan dikira kira tingkat kekentalannya. Kan yang namanya mendoan itu gampil. Sambil merem juga bisa kan hihihi.....

Bahan :

1 papan tempe
10 sdm terigu serbaguna
4 sdm tepung bakwan siap pakai
Air secukupnya
Sambal kecap, untuk cocolan

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
1 sdt garam
Cara membuat :
1. Iris tempe tipis tipis. Sisihkan.

2. Ambil 1/3 bagian bumbu tumbuk dan air secukupnya. Masukkan irisan tempe ke dalamnya dan rendam tempe minimal 10 menit. Sisihkan.

3. Campur sisa bumbu tumbuk, terigu, tepung bakwan dan air, aduk sampai jadi adonan kental. Koreksi rasanya. 

4. Panaskan minyak goreng cukup banyak dalam wajan. Celup irisan tempe ke dalam adonan. Goreng tempe sampai kering. Angkat tiriskan. Sajikan dengan sambal kecap.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

wah tempenya persis sama gorengan-goreangan yang sukak aku beli mba, emang sih gak terlalu doyan tempe tapi boleh deh kapan2 aku cobain resep tempe dari dapur manis ini, biar tempe ibu dirumah gak busuk di kulkas ^^

Mohon singgah sebentar ke blog saya ya mba dapur manis :D
http://nheyta.blogspot.co.id/2018/03/cukup-sekali-saya-menderita-dua-kali.html

Ya silakan dicoba semoga cocok resepnya ya...

Sip. Jika ada waktu in syaa allah saya singgah.

Makasih ya sudah mampir 😄

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon