Pandan Coconut Bread


Assalamu'alaykum


Bikin Pandan Bread lagi ya heheh...beberapa waktu yang lalu tukang sayur bawa pohon pandan besar. Pohon ini sangat besar, dibuang oleh pemiliknya dan diberikan pada tukang sayur, supaya bisa dibagi bagi. Ibu ibu yang lagi belanja minta pandan ini termasuk saya. Setelah dibawa masuk rumah, segera saya rendam dalam ember berisi air. Pohon pandan ini masih berakar. Jadi supaya tidak mudah layu, akar dan batangnya saya masukkan ke dalam ember berisi air. Berendam gitu. Setelah beberapa hari barulah mood baking keluar. Bikinlah Pandan Bread ini. Masih setia menggunakan resep yang pernah tayang. Enak, manis, lembab, lembut dan pasti disukai orang rumah. Alhamdulillah 😇😇😇😇


Bahan :
500 gr terigu serbaguna
2 sdm susu bubuk
100 gr gula pasir
8 gr ragi instant
1 butir telur utuh
250 ml santan pandan
2 sdm mentega tawar
½ sdt garam halus

Olesan sebelum dipanggang : 1 sdm telur kocok + ½ sdm susu cair

Cara membuat :
1. Campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul santan pandan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Uleni sebentar. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis. Tutup baskom adonan menggunakan serbet lembab/tutup panci sampai mengembang dua kali lipat atau lebih (waktu tidak mengikat, tergantung suhu ruangan).

4. Siapkan loyang loaf ukuran 21x7x7cm. Alasi kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan. Siapkan juga loyang cupcake, beri alas cupcase, sisihkan.

5. Kempiskan adonan. Timbang masing masing seberat 50gr. Bulatkan. Sisihkan 10 menit supaya relax (hasilnya jadi 20 pcs).
6. Ambil 6 pcs adonan. Tipiskan kemudian gulung sambil dipadatkan. Letakkan berjajar di loyang loaf. Sisihkan.

7. Ambil 1buah adonan, tipiskan. Gulung sampai setengah bagian kemudian kerat kerat sisanya. Lanjutkan menggulung sampai habis. Pertemukan kedua ujungnya. Letakkan di dalam loyang cupcake. Tutup adonan dan fermentasikan di tempat hangat hingga mencapai 80% dari tinggi loyang.

8. Panaskan oven suhu 180'C. Ambil adonan yang telah mengembang. Olesi dengan campuran telur.

9. Panggang sampai matang dan permukaannya kuning kecoklatan, selama 15-20 menit. Untuk loyang loaf, panggang selama 25 menit. Setelah matang olesi mentega selagi panas.


Allah SWT berfirman:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ وَلَـهُ الْحَمْدُ فِى الْاٰخِرَةِ   ۗ  وَهُوَ الْحَكِيْمُ الْخَبِيْرُ

"Segala puji bagi Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan segala puji di akhirat bagi Allah. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana, Maha Mengetahui."
(QS. Saba': Ayat 1)

يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِى الْاَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَآءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيْهَا   ۗ  وَهُوَ الرَّحِيْمُ الْغَفُوْرُ

"Dia mengetahui apa yang masuk ke 
dalam bumi, apa yang keluar darinya, apa yang turun dari langit, dan apa yang naik kepadanya. Dan Dialah Yang Maha Penyayang, Maha Pengampun."
(QS. Saba': Ayat 2)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Wow pasti empuk banget ya mba,
Buat teman minum susu waktu pagi cocok banget nih mba :D

Yesss...ketagihan dengan aroma pandannya. Gak sampe sehari, roti ini ludes. Alhamdulillah 😇😇

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon