Semur Ayam Pedas

Assalamu'alaykum


Beberapa waktu yang lalu saya ikutan kuis @rasa_ind di IG. Tanpa disangka saya menang. Alhamdulillah. Hadiahnya 6 botol bumbu rempah dan voucher Carefour sebesar IDR 200 ribu. Kaget sebenarnya saya dapat hadiah ini. Lha gak mengira sih. Setelah hadiah diterima, tidak segera dipakai tuh bumbu. Soalnya saya sudah stok beberapa bahan di dapur dan harus segera dipakai. Alhamdulillah hari ini saya dapat mengeksekusi bumbunya. Sudah lama sebenarnya saya mengidamkan bumbu berbentuk bubuk. Kenapa ? Praktis. Itu pertama. Kedua, awet. Daya simpan bumbu halus yang sudah dikeringkan begini lebih tahan lama jika dibandingkan bumbu segar. Bumbu yang saya dapat itu jenisnya ada 6, yaitu Ground Cinnamon (kayumanis), Gruond Nutmeg (pala), Ground Turmeric (kunyit), Ground White Pepper (merica/lada), Garlic Powder (bawang putih) dan Ground Candlenut (kemiri).  Begitu hadiah berada di tangan, saya langsung kepikir bikin semur ayam. Tau sendiri, semur bumbu rempahnya menggunakan kayumanis dan pala juga kan. Pas dong kalo dipakein bumbu bumbu di atas. Kali ini saya bikin semur ayam pedas. Beberapa kali bikin sih, tapi gak pernah dijepret. Keburu habis soalnya. Sekarang intip resepnya yuk....

Bahan :
1 ekor ayam, potong 10 bagian
3 butir cengkih
2 kuntum bunga lawang
⅛ sdt kayumanis bubuk
¼ sdt pala bubuk
2 sdt kemiri giling
1 butir bawang bombay, iris memanjang
10 cabe merah keriting, iris serong
10 sdm kecap manis
1 sdt garam
2 sdt gula merah/gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
600 ml air
10 butir cabe rawit merah
2 butir tomat merah, potong 6 masing masing

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Cuci ayam sampai bersih kemudian kucuri jeruk nipis. Biarkan 10 menit, bilas. Goreng ayam asal berkulit. Angkat, tiriskan.

2. Panaskan sedikit minyak, tumis cengkih dan bunga lawang sampai wangi  Masukkan bawang bombay, bumbu tumbuk, kayumanis bubuk, pala bubuk dan kemiri giling aduk sampai bumbu matang dan agak kering.

3. Masukkan ayam, kecap manis dan air. Bumbui garam dan gula pasir serta merica bubuk. Masak sampai meresap dan air sedikit menyusut.

4. Jika dirasa kurang, tambahkan air panas dan lanjutkan memasak sampai kuahnya kental. Terakhir masukkan cabe rawit dan tomat, masak sebentar dan matikan api.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

gULAI semur ayam pedasnya mengingatkan saya saat lebaran, karena menu ini selalu ada disaat lebaran, :)

Wah, berarti ini menu wajib kalo lebaran dong ya...

wah mba Rina sering menang ya kalau ada acara ginian...
enak juga dapat bumbu sama voucher..

nah ini ni... masakan begini sedapnya kalau dikasih cabe rawit juga he he he

Alhamdulillah beberapa kali ikutan dan dapat hadiah. Rejeki emak sholihah hahahah

Iya. Semur pakai cabe enak juga. Pedes manis

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon