Halaman

Minggu, 02 April 2017

Crackers/Gabin Tape

Assalamu'alaykum


Beberapa hari lalu waktu ke supermarket saya beli crackers/gabin. Sengaja beli karena pingin bikin crackers tape.
Gegara waktu pergi ke pasar beli gabin tape. Setelah dicicip lha kok enak hahaha 😂😂😂 ketinggalan deh ah. Jujur gabin goreng bukan favorit saya. Jika ada jajanan gabin goreng entah isi tape, ragout atau kentang, saya nggak tertarik untuk beli. Padahal jaman sekolah dulu, di Solo banyak yang jual gabin ragout. Tapi saya kurang suka. Kenapa ? Terlalu manis ragoutnya. Jadi underestimate sama gabin goreng. Setelah di Ciledug saya baru tau ada gabin isi tape. Cuma gak kunjung beli karena telanjur skeptis itu tadi. Barulah ketika "kena batunya" saya bisa menyukainya 😁😁😁 Setelah tau rasanya pingin bikin sendiri. Lumayan hemat snack ini di kantong (kalo beli harganya 2500 rupiah untuk 1pcs, hihi 😁😁😁 mak irit ). Apalagi tukang tape tiap hari lewat depan rumah, langsung deh dicegat dan beli tapenya. Resepnya gampang ya gak pake telur. Sebagai perekat pakai tepung tapioka, sedikit saja supaya tidak bau tepung karena akan digoreng sebentar.



Bahan :
40 lembar crackers/gabin tabur gula
600 gr tape singkong yang empuk dan matang
50 ml susu kental manis
1,5 sdm tepung tapioka/aci/kanji
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Lumatkan tape sampai halus, buang seratnya. Masukkan susu kental manis dan tapioka, aduk rata.
2. Ambil selembar crackers, olesi tape, tutup lagi dengan 1 lembar crackers. Rapikan sisi sisinya. Lakukan sampai tape habis.
3. Panaskan minyak goreng. Goreng crackers sampai kekuningan. Cukup balik sekali dan goreng sampai kuning.

Hasil : 20 buah

Tips :
* Crackers yang saya pake kebetulan bertabur gula. Jika digoreng beresiko mudah hangus. Untuk menghindarkan dari hangus, letakkan lapisan gula di bagian dalam, menempel langsung dengan tape. Jika digoreng gula ini akan meleleh, berkaramel dan meresap ke dalam tape. Lebih enak rasa tapenya.
* Goreng menggunakan api kecil sedang karena ini gorengan manis sehingga mudah gosong.
* Goreng sebentar saja sampai kekuningan,  supaya tampilan crackers lebih cantik. Balik sekali supaya tidak banyak menyerap minyak
* Ketebalan tape yang dioles sesuai selera ya. Mau tebal boleh mau agak tipisan juga gak apa. Kalo saya suka yang rada tebelan biar berasa tapenya 😁😁😁



خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ  بِالْعُرْفِ وَاَعْرِضْ عَنِ الْجٰهِلِيْنَ

"Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh."
(QS. Al-A'raf: Ayat 199)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

7 komentar:

  1. Saya suka gabin goreng isi vla, yang isinya selain itu belum pernah coba, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya isi vla. Belum pernah ngicip yang isi vla. Ntar deh kalo ada mood bikin yang isi vla. Makasih ya tuk idenya 😘😘

      Hapus
  2. Iya bener mba yg isi kentang jadul bgt. Isi vla sm tape sm enakny....saya suka saya suka!

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pakai isi kentang sudah punya resepnya sih. In syaa allah kalo ada waktu ditayang yang isi kentang 😊😊

      Hapus
  3. Sebelum tau ada namanya kue beginian, pernah makan mungkin gabin sih, tapi rasa dalemnya tuh 'semriwing' gituu, mint maksudnya. Pernah nyobain ga Mb'? gimana bikinnya ya? Apa dikasih permen D*v*s kali ya? Hehe (Ngarang). Pengin makan lg, enak beneran. Dah nyari di pasar tp ngga nemu :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahh 😂😂😂 ngakak dah baca komennya. Belum pernah ketemu gabin rasa permen D*v*os.

      Mungkin, mungkin lho ya, diberi essence mint kali. Tapi saya belum pernah ketemu essence mint juga. Pernah sih baca di internet, katanya mengandung alkohol essence tsb. Jadi gak pingin nyobain karena alasan itu tadi.

      Hapus
  4. Haah?? Serius Mb? Essense mint ada alhokolnya? Ga jadi pengin lg deeh..

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.