Laman

Rabu, 05 April 2017

Smilling Pao With Chicken Filling

Assalamu'alaykum


Beberapa hari terakhir ini anak saya libur sekolah karena kakak kelasnya sedang ujian.
Kalo libur gini, pasti si emak dituntut bikin cemilan di rumah. Setelah kemarin kemarin bikin yang praktis dan cepat, sekarang dia minta bakpao. Ok saya penuhi permintaannya. Pao yang saya buat kali ini adalah bakpao mekar. Penasaran aja sama bentuknya yang cenderung tidak rapi seperti umumnya pao yang dibentuk cantik cantik. Pas deh dengan saya yang tidak telaten membentuk ini itu atau hal hal yang menuntut estetika. Untuk resep di bawah saya pakai biang ya, tujuannya biar empuk. Selain itu di dalam adonan diberi baking powder supaya ketika dikukus bisa mekar. Fermentasi yang dibutuhkan hanya sekali untuk biangnya saja. Setelah dibentuk tidak perlu fermentasi lagi. Jangan khawatir bakpao tidak matang. Penggunaan baking powder akan membuat pao mengembang di dalam kukusan. Pori pori yang terbentuk akan ditembus oleh panas yang tinggi dan membuat pao jadi matang sampai ke dalam, meski hanya dikukus 10 menit. Setelah matang pao ini cukup lembut hasilnya. Bahkan setelah dingin masiiiih tetep lembut. Selain itu nggak seret karena mentega putih pakai agak banyak. Untuk tampilan memang belum cantik sih. Mlethek mlethek nggak karuan hahahah 😂😂😂 namanya juga pao mekar, jadi mletheknya gak bisa diprediksi (ngeles). Untuk isian saya pake ayam yang dimasak pake kecap dan dikentalkan dengan tapioka. Isi ayam ini mirip rasanya dengan yang biasa saya beli. Rada kenyal karena pemakaian tapiokanya. Dari segi rasa, isian ini maa syaa allah  enak bangeeetttt....

Tumis Ayam untuk isi :
400 gr daging ayam tanpa kulit, potong dadu
1 butir bawang bombay, cincang kasar
5 butir bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, cincang kasar
2 batang daun bawang, iris tipis
3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
4 sdm saus sambal
1 sdt kecap ikan
½-1 sdt garam
1-2 sdt gula pasir
2 sdm tepung tapioka/kanji/aci, larutkan dalam 100ml air dingin

Bakpao
Bahan biang :
250 gr terigu protein rendah
1 sachet {11gr) ragi instant
1 sdt gula pasir
250 ml air hangat

Bahan lain :
250 gr terigu protein rendah
10 gr baking powder
100 gr gula halus
½ sdt garam halus
75 gr mentega putih
Kertas roti, potong persegi untuk alas

Cara membuat :
1. Tumis ayam : panaskan sedikit minyak kemudian tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan daun bawang sampai harum. Masukkan ayam, kecap manis, saus tiram, saus sambal, kecap asin, garam dan gula. Aduk sampai rata. Masak sampai ayam matang dan air mengering. Koreksi rasanya. Jika sudah pas masukkan larutan tapioka, masak sampai mengental. Matikan api dan dinginkan. Siap untuk isian pao.
2. Bakpao : campur semua biang sampai rata menggunakan sendok. Adonan yang terbentuk lengket ya. Diamkan di suhu ruang sampai naik 2x lipat selama 30-45menit (tergantung suhu ruangan).
3. Dalam wadah besar campur bahan lain seperti terigu, baking powder, gula halus, dan garam. Aduk rata.
4. Ambil adonan biang, aduk aduk supaya kempis. Setelah itu tuang ke dalam campuran tepung, uleni sampai rata dan menggumpal. Pada tahap ini jika terlalu lembek/lengket tambahkan sedikit terigu. Sebaliknya jika terlalu kering masukkan air sedikit demi sedikit.
5. Terakhir masukkan mentega putih, uleni sampai kalis.
6. Panaskan kukusan dengan api besar, sisihkan.
7. Timbang adonan 50gr kemudian diisi dengan tumisan ayam. Bentuk seperti lipit lipit (wiru). Rapatkan atasnya. Bentuk wiru ini tidak harus rapi ya. Letakkan di atas kertas roti.
8. Tanpa perlu fermentasi, segera kukus bakpao menggunakan api besar, panas tinggi selama 10 menit. Jika telah 10 menit, angkat dan sajikan hangat.

Hasil : 19 buah


Pic di atas itu ada yang bentuk bulat ya. Sengaja memang karena pingin tau bisa merekah apa tidak. Eh ternyata gak bisa mlethek yang bulat itu hihi.....


4 komentar:

  1. Paonya besar-besar, mba. Pasti makan satu aja udah kenyang tuh.
    Minta satu dong, mba..., yang gak mekar aja. Heheheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sengaja digedein biar puas makannya hihi 😊😊😊 makan satu langsung kenyang 😋😋😋

      Hapus
  2. Sama mba...aq jg gk telaten membentuk2 roti hihihiii. Biar gampang dibuletin2 aja.

    Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss...urusan estetika tuh emang butuh waktu yang longgar selain bakat juga ya kayaknya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.