Laman

Senin, 09 Januari 2017

Pisang Goreng Wijen Beragi

Assalamualaykum



Mumpung ada pisang kepok di rumah saya kok kepingin bikin pisang goreng. Lama banget nggak bikin pisgor nih hihi....☺☺
Setelah liat stok bahan ternyata ada wijen putih juga di kulkas. Tambahin wijen ah, biar ada sensasi klethis klethis ketika dikunyah. Tapi saya pingin adonan tepungnya diberi ragi/yeast instant. Pingin tau perbedaan teksturnya saja. Setelah matang hasilnya empuk dan tidak alot setelah dingin ❤❤ Padahal nggak pake telur lho. Bisa jadi alternatif nih jika pingin pisgor empuk tapi nggak alot setelah dingin. Yuk capcus resepnya....

Bahan :
1 sisir pisang kepok kuning/uli/raja/, potong dadu
175 gr tepung terigu
1 sdt gula pasir
1/2 sdt (2gr) ragi/yeast instant
1 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/8 sdt garam halus
300-325 ml air hangat
3 sdm wijen putih

Cara membuat :
1. Larutkan ragi instant dalam 100 ml air hangat dan 1 sdt gula pasir. Biarkan selama 10 menit supaya berbuih.
2. Campur terigu, 1 sdm gula pasir, vanili dan garam, aduk rata. Tuangi larutan ragi dan sisa air hangat sambil diaduk sampai rata dan kental. Biarkan mengembang kembali di tempat hangat selama 30 menit sampai sedikit naik.
2. Aduk aduk adonan yang telah mengembang supaya kempis. Masukkan wijen dan pisang dadu, aduk rata.
3. Panaskan minyak goreng. Ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur, goreng di dalam minyak sampai matang dan kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


2 komentar:

  1. Halo mba Rina...wah, temuan baru ya mba adonannya pake ragi. Ntar kpn2 dicoba ah...kyk apa bedanya ya.

    Rini - Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Rini, seneng deh kalo udah ninggalin komen di sini.
      Kayak penemuan ilmiah aja hahahaaa....ini cuma kerjaan iseng yang tercetus begitu saja di kepala. Harus segera direalisasikan biar nggak migrain hahahaaa...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.