Laman

Minggu, 15 Januari 2017

Overnight Yeasted Pancake

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu'alaykum


Lama banget nggak bikin pancake deh. Ini karena di rumah nggak terlalu ngefans sama pancake.
Jadi jarang bikin. Kalo nggak disukai gitu saya jadi males bikinnya hehe ☺☺☺ Kali ini saya pingin bikin pake adonan overnight, adonan yang didiamkan semalam di kulkas. Sebagai antisipasi jika besok pagi waktunya terbatas, jadi tinggal dipanggang saja. Sausnya pake saus karamel favorit. Saus karamel jeruk. Setelah matang, pancakenya empuk, nggak beda dengan yang dibuat mendadak adonannya. Dan sausnya maa syaa allaah segeeerrr ❤❤❤

Bahan :
5 gr ragi/yeast instant
1 sdt gula pasir
100 ml air hangat
375 gr terigu serbaguna
1/8 sdt vanili bubuk
3 sdm gula pasir
1/4 sdt garam halus
2 butir telur utuh, kocok asal rata
275 ml susu cair
70 gr mentega, cairkan

Saus karamel jeruk :
150 gr gula pasir
200 ml air panas
2-3 sdm air jeruk nipis/lemon
1/2 sdt mentega

Cara membuat :
1. Campur ragi instant, 1 sdt gula pasir dan 100ml air hangat. Biarkan 5-10menit sampai berbuih.
2. Siapkan baskom besar, campur terigu, vanili, gula pasir dan garam, aduk sampai rata. Buat lubang di tengahnya.
3. Tuangkan telur, larutan ragi dan susu cair kemudian diaduk menggunakan sendok kayu (pakai hand whisker) sampai rata. Pastikan adonan jangan bergerindil. Harus halus dan rata. Jika bergerindil, saring. Adonan yang terbentuk kental seperti adonan cake.
4. Tutup menggunakan cling wrap dan simpan di lemari pendingin (bukan freezer ya) selama semalam (8-10jam).
5. Keesokan harinya keluarkan dari kulkas, biarkan di suhu ruang selama 20-30menit. Aduk aduk supaya kempis. Masukkan mentega cair, aduk rata.
6. Panaskan pan datar anti lengket dengan api kecil. Tuang sebanyak +-75 ml. Biarkan berlubang lubang dan mengeras bagian pinggirnya. Balik sekali dan biarkan matang. Angkat dan lakukan hal yang sama dengan sisa adonan. 
7. Saus karamel jeruk : panaskan gula pasir sampai berkaramel di atas pan datar anti lengket. Tuangi air panas dan biarkan larut. Masukkan air jeruk. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan mentega dan biarkan meleleh. Matikan api dan sajikan bersama pancake.

Notes :

  • Ketika mengaduk adonan boleh juga menggunakan mixer elctric. Gunakan speed rendah saja, yang penting harus rata.
  • Ketika memanaskan pan jangan dioles minyak/mentega/mentega supaya warna pancake tidak belang-belang.
  • Jangan lupa menggunakan baskom agak tinggi supaya adonan tidak meluap ketika disimpan di kulkas. Meski di tempat dingin, ragi tetap berkerja meskipun lambat.




اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً    ۖ   فَتُصْبِ
الْاَرْضُ مُخْضَرَّة ً   ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَطِيْفٌ خَبِيْرٌ 

"Tidakkah engkau memperhatikan bahwa Allah menurunkan air (hujan) dari langit sehingga bumi menjadi hijau? Sungguh, Allah Mahahalus, Maha Mengetahui."
(QS. Al-Hajj: Ayat 63)
* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

2 komentar:

  1. Aq pernah bikin pancake pake whisker malah bantat mba. Mo coba dimikser aja deh nnt.
    Oiya mba...resep cake ketan hitam karamel pisangnya enyaaak. Tq ya mba Rina.

    Rini - Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Rini. Perasaan tempo hari dah dibalas kok ilang huhu....
      Bantat mungkin pengembangnya sudah mati kali. Atau pan kurang panas jadi gak bisa mengembang. Coba lagi ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.