Halaman

Rabu, 22 Februari 2017

Puding Casablanca

 Assalamu'alaykum




Sudah lama rasaya tidak membuat puding ini. Puding Casablanca -menurut saya- merupakan salah satu puding legendaris.
Pertama kali menemukan resepnya di blognya Mb Arfi Binsted, jaman Multiply duyu. Saya catet tuh resepnya di buku. Jika ingat yang pada komen, mereka menyebut puding cake atau puding jadi-jadian hihi ☺☺☺ Resep asli menggunakan 5 butir telur dan 3 pack agar-agar. Setelah beberapa kali bikin, kali ini dimodifikasi. Bahan sesuai stok di rumah. Cara buat dirombak dikit biar praktis dan ngirit cucian. Naaaaa....ketauan alasan sebenarnya buahahahaha  Menurut saya resep ini lebih gurih karena ada paduan santan dan margarin. Coklat batang putih saya masukkan karena udah nganggur sekian lama. Karena itulah rasa berlemak sedikit meninggalkana jejak di lidah.Setelah dicicip maa syaa allaah ennaaaaakkk banget. Menurut saya -sekali lagi- ini adalah salah satu puding terenak yang pernah saya nikmati Alhmadulilah....

Bahan:
- 75 gr margarin
- 2 bks (14gr) agar agar bubuk putih
- 100 gr coklat batang putih, cincang/parut halus
- 100 gr gula pasir
- 800 ml santan sedang 

- 4 butir telur utuh
- 75 gr gula pasir
- ⅛ sdt vanila bubuk
- 50 gr tepung terigu 
- 50 ml susu kental manis putih
- 2 sdm coklat bubuk, larutkan dengan 2 sdm air panas hingga jadi pasta 

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ring (bundt pan) diameter 22cm tinggi 10cm (volume 2liter), olesi margarin/mentega agak tebal. Panaskan oven suhu 180' C.
2. Cairkan margarin, sisihkan.

3. Didihkan agar-agar, coklat batang, 100gr gula pasir dan 1/2 bagian santan masak sampai mendidih dan coklat jadi larut. Matikan api dan campurkan sisa santan ke dalamnya, sisihkan.

4. Kocok menggunakan mikser, telur, 75gr gula pasir dan vanilla hingga gula larut dan mengental.

5. Masukkan tepung terigu kocok pelan sampai rata. Menyusul margarin cair, kocok kembali hingga rata.

6. Campurkan agar-agar panas ke dalam telur, aduk rata. Terakhir susu kental manis,  aduk rata. Gunakan sendok besar untuk memeriksa apakah ada adonan yang mengendap di dasar baskom. Adonan terakhir yang terbentuk adalah cair/encer. Jika berbutir-butir, saring untuk mendapatkan tekstur licin.

7.  Bagi adonan menjadi 2 bagian sama banyak, beri 1 bagian dengan larutan coklat.

8. Tuang adonan ke dalam loyang berselang seling, tepat di titik yang sama.

9. Panggang dalam oven sampai keluar gelembung-gelembung kecil di pinggir loyang, kurang lebih selama 30 menit. Artinya puding telah mendidih.

10, Keluarkan dari oven dan biarkan dingin di suhu ruang hingga beku. Masukkan ke dalam kulkas supaya lebih padat. Potong dan sajikan. 

 

Notes:

* Jangan khawatir jika puding masih beberbentuk cair ketika keluar dari oven. Biarkan saja nanti akan beku dengan sendirinya.

* Setelah merebus agar-agar, sisa santan yang masih dingin dimasukkan, dengan tujuan supaya suhu segera turun. Jika terlalu panas langsung dicampurkan ke dalam telur kocok, dikhawatirkan akan membuat telur jadi bergumpal-gumpal dan merusak tekstur adonan.

* Adonan yang dituang ke dalam loyang masih agak panas dan tekturnya masih cair/encer. Setelah dituang, tak berapa lama akan semakin mengental. Hal ini karena suhu adonan semakin turun sehingga agar-agar jadi mengental.

* Ketika dipanggang adonan sedikit naik1-2cm. Setelah dingin akan turun dan rata.

* Jika ingin pakai loyang bentuk lain, boleh juga kok. Adonan ini muat untuk loyang kapasitas 2 liter (2.000ml).

 

 

4 komentar:

  1. nyam2... enaknya ini mba.. duh jadi ngiler, teksturnya itu loh..jadi pengen nyendokin..

    mba Rina masih belum mood banget ya ngeblog, jarang2 ngeblog nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaa mb Monic komen disini. Makaciiihh peyuk peyuk.

      Iya nih mualesnyaaa gak ketulungan hahaha...akut dah. Padahal kalo gak ngeblog, diriku juga kesepian tapi malesnya ampuuunnn....
      Yuk bikin. Enak banget ini puding. Lama gak bikin puding gini jadi kangen diriku

      Hapus
  2. Hallòoo mba Rina...duh lama bgt mba Rina gk posting. Bolak balik aq liat blog mba Rina tp msh blm ada yg baru. Naaah...skrg br muncul hehe...

    Oiya mba...aq msh bingung sm puding casablanca ini. Dipanggang pake au bain marie apa panggang biasa aja ya mba?

    Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Riniiiii....makasiiiihhh mau berkunjung ke sini. Aku kira udah pada bete liat blogku. Karena sekarang pada lari ke IG. Ternyata masih ada yang nanyain kapan aku update resep di blog. Hiks jadi terharu....

      Ini puding boleh dipanggang biasa atau pake au bain mari (ditim/steam bake). Kalo diriku pilih dipanggang biasa karena puding ini sudah mengandung cairan buanyak. Jadi, meskipun dipanggang biasa, tetap lembut teksturnya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.