Halaman

Sabtu, 25 Februari 2017

Sambel Terong Jengkol

Assalamu'alaykum


Widih judulnya bikin ngiler hihi...apalagi yang lagi diet pasti ngeluh "haduuuhhh mbak rina bikin eikeh gagal diet" hihihi.....
Maaf ya soalnya udah telanjur dibikin dan dijepret, masak iya cuma disimpan doang. Gak afdhol lah kalo gak bagi resepnya. Ini sambel sudah dibuat 3 hari lalu, jadi sudah habis dan tinggal foto doang. Memberdayakan jengkol permintaan suami nih. Lamaaaa banget beliau gak makan jengkol 😑 kangen katanya. Padahal saya kurang suka. Biar adil saya tambahin terong biar yang masak bisa makan juga hehe....Resep sederhana saja sama seperti biasa. Jika sudah punya resep sambel andalan bikin aja. Pasti lebih enak rasanya.

Bahan sambel :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
20 bh cabe merah keriting
10 bh cabe rawit merah
3 butir tomat merah
1 sdt terasi bakar
3 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
Sepotong kecil lengkuas
½ sdt garam
1 sdt gula merah sisir (pake gula pasir boleh)

Bahan utama :
5 bh terong ungu,
250 gr jengkol, direbus, potong korek api
50 gr teri medan, goreng matang

Cara membuat :
1. Potong terong bulat bulat setebal 1cm. Panggang atau digoreng sebentar asal layu, sisihkan. Goreng juga jengkol sebentar, sisihkan.
2. Rebus bawang merah, bawang putih dan semua cabe selama 10 menit, dalam air mendidih. Angkat tiriskan. Haluskan bahan rebusan ini bersama terasi, sisihkan.
3. Potong tomat bulat tipis, kemudian tumis di atas wajan sampai layu. Masukkan daun jeruk, serai, daun salam dan lengkuas. Menyusul cabe halus, garam dan gula, aduk sampai rata. Masak bahan sambal sampai agak kering. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa boleh ditambahkan.
4. Masukkan terong dan jengkol goreng, aduk sampai semua bahan terbalut rata. Sekali lagi koreksi rasanya. Jika sudah pas rasanya matikan api. Boleh tambah sedikit air bila terlalu kering. Sajikan sambel terong jengkol dengan taburan teri goreng.


4 komentar:

  1. Waduhh...klo jengki nyerah deh mba. Aromanya klo abis makan susah ilang. Padahal aq pengen bgt makan sambel jengkol. Digulai jg katanya enak mba Rina...

    Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Embeeerrr, bener banget. Diriku aja sebel kalo jadi bau hihi....makanya dikasih terong biar diriku bisa makan sambelnya juga

      Hapus
  2. Saya lhoh ga pernah berani makan jengkol :/. Hahaha. Pengin nicip tp ga PD. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....ayo nyobain. 1-2 potong gitu. Enak sih, mirip kentang tapi lebih padet. Pulen gitu. Tapi diriku kurang suka juga sih sama jengkol

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.