Laman

Selasa, 20 September 2016

Steamed Chocolate Blueberry Cheesecake

Assalamu'alaykum


Memberdayakan cream cheese yang kapan hari dibeli mumpung ada diskon. Segera kepikir bikin cake coklat lapis creamcheese.
Di kulkas juga ada sisa blueberry jam dan sekalian ingin dihabisi. Proses pembuatannya mudah dan irit telur. Cuma warna blueberry jamnya setelah dicampur adonan keju jadi pucat warnanya. Bisa sih diberi pewarna ungu beberapa tetes, tapi tidak saya lakukan. Jika mau boleh tuh adonan cheese blueberry-nya diberi pewarna biar cantik. Sebelum dipotong cake ini saya simpan di kulkas semalam supaya padat dan rapi ketika dipotong. Oh ya resep diadaptasi dari resep Kak Yati (Malaysia) Kek Lapis Kukus Cream Cheese dengan sedikit modifikasi. Tapi sayang picnya kurang cakep. Karena saya buru-buru makanya jadi kurang sip. Cahaya matahari masih terlalu silau sehingga kamera tidak bisa menangkap gambar dengan sempurna.

Bahan cheesecake :
250 gm cream cheese
60 gm gula halus
1 butir telur utuh
1 sdm air
1 sdm tepung terigu
100 gr blueberry jam

Bahan Chocolate Cake :
160 gr tepung terigu
3 sdm coklat bubuk
1 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
2 butir telur utuh
125 gr gula pasir
1/8 sdt vanilla bubuk
1/8 sdt garam
125 ml air panas mendidih
125 ml susu cair
125 ml minyak sayur

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan dan siapkan loyang bulat diameter 20cm tinggi 7 cm. Alasi kertas roti dan olesi minyak, sisihkan.
2. Kocok creamcheese dan gula halus sampai rata menggunakan mixer speed rendah. Menyusul telur, air dan terigu, kocok lagi sampai rata, sisihkan.
3. Campur terigu, coklat bubuk, soda kue dan baking powder, sisihkan.
4. Dalam wadah besar kocok telur dan gula sampai pucat dan mengembang. Masukkan vanili dan garam. Menyusul air mendidih, susu cair dan minyak. Ayakkan campuran terigu di atasnya. Kocok kembali menggunakan mixer sampai rata. 
5. Tuang adonan coklat ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit sampai keras.
6. Keluarkan loyang dari kukusan, tuangi dengan adonan cheese, sisakan 2-3 sdm yang kemudian dicampur dengan blueberry jam (boleh ditambah pewarna ungu jika terlalu pucat warnanya). Masukkan adonan cheese blueberry di atasnya kemudian bentuk pola marmer.
7. Kukus kembali selama 20 menit. Buka kukusan dan lanjutkan mengukus selama 10 menit supaya permukaan cake kering dan tidak berair. Keluarkan dari kukusan dan biarkan 10 menit di dalam loyang. Balik dan dinginkan.


إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ
   
Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.
 Qs. Adz Dzariyat ayat 58


4 komentar:

  1. Balasan
    1. Meski gak dikasih tau review nya, udah tau kalo ini pasti enak ya hihi....

      Hapus
  2. mbak rina, permukaan cakenya memang basah kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sedikit basah. Kalo basah banget, apakah sudah melakukan step terakhir pada resep di atas ? 10 menit terakhir dikukus dalam kondisi terbuka tutupnya ? Step ini dilakukan untuk mengurangi kadar air di permukaan cheese. Cream cheese kan mengandung banyak cairan. Makanya saya melakukan hal di atas untuk menguranginya.
      Selain itu simpan cake ini di dalam kulkas supaya lebih padat dan agak kering ya permukaannya. Tidak perlu ditutup permukaannnya biar rada mengering dikit.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.