Lodeh Telur Puyuh

Assalamu'alaykum



Jumu'ah Mubarakah !! Selamat Hari Raya Jumat ya teman.
Dua hari berturut turut masak bersantan nih.
Habis rasanya dingin banget setelah hujan beberapa hari terakhir. Orang rumah pingin makan lodeh. Seperti biasa si emak cari ide untuk variasi lodeh. Dikasihlah telur puyuh biar sedikit beda. Selain itu makannya bareng lontong bukan dengan nasi. Resepnya sih sama dengan lodeh yang kemarin kemarin. Jika punya resep lodeh andalan, boleh dipakai tuh. Tinggal dicemplungin telur puyuh, jadi deh....Gimana, meski sederhana tetep keren kan hasilnya, hihi...Hayuk cobaiiiinnn.....

Bahan :
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
700 ml santan encer
1 bh jagung manis, potong bulat
150 gr labu siam, potong dadu
1 bh wortel, potong bulat
5 lonjor kacang panjang, potong 3 cm
2 bh terong ungu, potong potong
10 bh cabe hijau besar, potong serong tipis
2 lbr daun salam
1 potong lengkuas, memarkan
2-3 sdm rebon/rese/udang kering
garam, gula merah secukupnya
20 butir telur puyuh rebus, kupas kulitnya

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kencur
4 butir kemiri
3 cm kunyit

Pelengkap :
Lontong
Bawang goreng

Cara membuat :
1. Dalam sebuah panci rebus jagung manis, bumbu halus, santan encer, daun salam dan lengkuas sampai mendidih.
2. Masukkan semua sisa bahan seperti labu siam, wortel, kacang panjang, terong dan cabe serta rebon. Tuangi dengan sisa santan. Beri garam dan gula merah. Menyusul telur puyuh.
3. Didihkan sekali lagi sambil diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Cek rasanya. Jika telah matang matikan api. Sajikan bersama lontong dan taburi bawang goreng.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

jadi kayak lontong sayur telur puyuh ini mba he he he...
makan lontong sayur tapi sayurnya banyak gini jadi makin selera neh tambah telur puyuh lagi

Iya mb monic. Makan lontong sayur judulnya hihi....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon