Laman

Kamis, 11 Agustus 2016

Bakwan Kentang

بسم الله الرّ حمن الرّ حيم
Assalamu'alaykum


Perasaan sudah terlalu lama saya tidak membuat bakwan sendiri di rumah.
Selama ini saya mengandalkan jajan gorengan termasuk bakwan dari tukang gorengn dekat rumah. Tapi lama-lama kok ya bosen makan bakwan yang isinya itu-itu saja. Di mana-mana tukang gorengan yang jual bakwan isinya seragam semua. Kol, tauge, wortel dan daun bawang. Mumpung di rumah ada stok kentang saya berinisiatif membuat bakwan dengan isian kentang. Resep ini sama dengan bakwan goreng pada umumnya dan ditambahi kentang yang diserut/dipotong panjang. Jika punya resep bakwan andalan silakan saja dipake dan tinggal dicemplungi potongan kentang ya. Setelah matang enak banget lho. Kentang yang renyah terasa cispy dan gurih seakan makan kering kentang.


Bahan :
250-300 gr kentang
1 buah wortel, serut memanjang
1 batang daun bawang, iris tipis
50 gr toge kacang ijo
100 gr kol/kubis, iris halus
200 gr terigu
2 sdm tepung tapioka/aci/kanj
200-250 ml air dingin (air es lebih baik karena membuat jadi renyah)
cabe rawit hijau sebagai pelengkap

Bumbu halus
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica butiran
3 siung bawang putih
1/2 sdt garam
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :

  1. Kupas kentang kemudian potong/serut memanjang. Cuci bersih dan tiriskan.
  2. Dalam wadah besar campur terigu, tepung tapioka dan bumbu halus. Tuangi air sedikit demi sedikit sampai kental. Masukkan wortel, daun bawang, toge, kol dan kentang yang telah ditiriskan. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  3. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur kemudian masukkan ke dalam wajan. Tuang di bagian pinggir sambil dilebarkan. Siram-siram supaya bakwan terlepas dan masuk sepenuhnya ke dalam minyak. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.