Laman

Rabu, 10 Agustus 2016

Oseng Pedas Usus Ayam Dan Tahu

بسم الله الر حمن اللر حيم
Assalamu'alaykum


Sewaktu belanja di tukang sayur saya ketemu usus ayam yang sudah direbus.
Sudah agak lama saya kepingin masak usus ayam ini. Gara-garanya waktu bulan puasa kemarin, saya beli lauk matang usus dan tahu di pasar. Baru kali ini saya ketemu usus yang dimasak bersama tahu. Usus ini dioseng/ditumis pedas. Rasanya enak banget. Bisa untuk variasi olahan usus ayam ataupun tahu di rumah. Makanya saya sudah berencana jika ketemu usus ayam, pingin bikin sendiri. Alhamdulilaah bisa kesampaian. Masaknya gampil ala DapurManis. Cuma cemplang cemplung aja. Setelah matang, sajikan bersama nasi hangat wallaaa....nikmatnyaaa....


Bahan :
500 gram usus ayam, direbus
300 gr tahu putih.
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
1/2-1 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
200 ml air
2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:
1 sdt ketumbar
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
8 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
1/2 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri, disangrai

Cara membuat:

  1. Potong tahu bentuk korek api kemudian goreng sampai matang, sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum dan matang. Bumbu yang matang akan kelihatan kering dan memisah dari minyaknya. Aduk-aduk terus selama menumis supaya tidak hangus dan matang merata.
  3. Masukkan usus ayam dan tahu. Aduk rata.
  4.  Masukkan air, garam dan gula. Masak sampai meresap dan air habis. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa, boleh ditambahkan. Angkat dari api dan sajikan.
Note :
* Untuk menghilangkan bau usus ayam, rebus usus sampai 3 kali. Buang airnya setiap kali sudah mendidih. Untuk rebusan yang terakhir, sertakan juga daun jeruk 20 lembar kemudian rebus sampai empuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.