Halaman

Senin, 08 Agustus 2016

Ketan Dan Singkong Saus Kinca Keju

بسم اللّه الرّ حمن الرّ حيم
Assalamu'alaykum


Ketika belanja di tukang sayur saya lihat ada singkong bagus. Kulitnya agak mengelupas dan kemerah merahan.
Singkong jenis begini biasanya enak dan empur (gembur) teksturnya. Tapi saya sudah rencana mau disawut aja. Lagi nggak kepingin singkong mlethek yang digoreng goreng itu. Selain itu mau saya kukus bersama ketan mumpung ada stoknya. Di freezer juga ada kelapa parut beku. Pas kan kalo kelapa dijodohkan dengan ketan dan singkong. Sebagai toping saya bikin saus kinca gula merah kemudian diparuti keju, wuiihh....enak lho.


Bahan :
250 gr beras ketan, rendam 2 jam
1 kg singkong, dikupas kulitnya
1/2 butir (+- 200 gr) kelapa parut
150 ml air panas
1/2 sdt garam
125 gr keju cheddar, diparut untuk toping

Saus Kinca -->> rebus jadi satu kemudian disaring
200 gr gula merah, disisir
2-3 sdm gula pasir (optional)
500 ml air
1 lbr daun pandan, simpulkan

Cara membuat :
  1. Rendam beras ketan selama 2 jam. Cuci bersih berulangkali sampai airnya bening. Tiriskan.
  2. Kukus ketan selama 20 menit sampai mekar. 
  3. Angkat ketan dari kukusan. Campur air panas dan garam kemudian tuangkan di atas ketan, aduk rata. Biarkan meresap selama 15 menit. 
  4. Sementara itu singkong diparut menggunakan parutan berlubang besar (parutan sawut). Masukkan kelapa parut dan singkong parut ke dalam ketan kukus, aduk rata. 
  5. Kukus kembali semua bahan sampai matang selama 30 menit.
  6. Sajikan ketan singkong, guyur dengan saus kinca dan taburi keju parut.




هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَـكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖ  ؕ  وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahi lah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan ~ QS. Al-Mulk: Ayat 15

6 komentar:

  1. ketan... saya suka... saya suka... enak nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. embeeerrrr....enak banget ini. Variasi baru biar nggak bosen makan ketan kukus hihi.....

      Hapus
  2. Tradisional berpadu dg yg modern ya mba...
    Hehehe... blm prnah nyobain deh gmn rasa manis, gurih, asin...
    Hehehe...

    Kirim sini mba...
    :-))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa....ini bikinnya hari sabtu lalu bu guru.
      Emang, ini rasanya manis gurih asin. Orang di rumahku pada doyan nih...

      Hapus
  3. Olaham ketan selalu bikin ngiler...makasi inspirasinya mba

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.