Halaman

Jumat, 05 Agustus 2016

Sambel Goreng Gori Dan Krecek

بسم الله الرّحمن الرّحيم
Assalamu'alaykum


Masak sambel goreng lagi yah, hehe....terakhir kali saya masak sambel goreng ketika Lebaran kemarin.
Biasa, sebagai wong Solo tidak afdhol rasanya kalo nggak bikin lontong opor. Makanan ini adalah makanan kebangsaan wong Solo ketika lebaran. Lontong yang diguyur opor ayam dan dilengkapi dengan sambel goreng krecek kentang adalah makanan wajib bagi saya di saat lebaran tiba. Karena di kulkas ada sedikit gori sisa bikin Lentog Kudus tempo hari, akhirnya saya berdayakan saja dan dibuat sambel goreng. Masaknya seperti biasa, pake ebi sebagai bumbu favorit kalo bikin sambel goreng.

Bahan :
200 gr gori (nangka muda)
50 gr krecek / kerupuk kulit
50 gr kacang tholo, rebus sampai empuk
2 cm laos/lengkuas, memarkan
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt garam
2 sdt gula merah

Bumbu halus :
5 buah cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
3 cm kunyit
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

Cara membuat :

  1. Rebus gori dalam air mendidih selama 5-10 menit untuk menghilangkan getahnya. Angkat dan tiriskan. Buang airnya.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng bersih, tumis laos, daun jeruk dan daun salam sampai wangi. Masukkan bumbu halus dan tumis sampai matang dan agak kering.
  3. Masukkan krecek dan kacang tholo, tuangi santan. Beri garam dan gula, masak sampai mendidih dan krecek jadi lunak. Koreksi rasanya. Jika suka boleh diberi kaldu bubuk atau penyedap rasa.
  4. Terakhir masukkan gori rebus, masak sebentar dan angkat dari api.

2 komentar:

  1. mba Rina, aku mau donk, kayaknya enak ini, masakan mba Rina pasti ngabisin nasi aja neh he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu....ini enak banget dan pasti ngabisin nasi hihi.....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.