Laman

Minggu, 14 Agustus 2016

Sayur Lombok Tempe dan Jamur Tiram

Assalamu'alaykum


Masak lagi yang mudah ya. Sempat mikir mau masak apa gitu waktu belanja di tukang sayur.
Akhirnya saya masak sayur lombok tempe. Biasanya saya kalo bingung, mengandalkan power of kepepet hihi..... Herannya kalo sudah begitu malah muncul resep kreasi baru meski basicnya sama seperti sayur yang pernah saya buat sebelumnya. Sayur lombok yang dalam bahasa Jawa artinya sayur cabai (cabe), sangat familiar di daerah pedesaan Jawa Tengah. Masakan ndeso yang saya yakin pasti disukai orang rumah. Resepnya sederhana hanya berbumbu bawang merah dan putih, cabe dan rempah dapur. Sengaja saya beri cabe hijau keriting yang lebih banyak daripada cabe merah. Karena cabe hijau rasanya sedep. Yang terbiasa masak pake cabe ijo pasti tahu perbedaanya antara sedepnya cabe ijo dan merah. Sebagai tambahan biar nggak bosen saya masukkan jamur tiram ke dalamnya. Plus ulegan rebon sebagai penyedap. Hasilnya ma syaa allaah enaaakkk. Tekstur jamur tiram yang kenyal menyerupai tekstur daging ayam bikin tambah ajib. Bahkan sebelum difoto jamur tiramnya hampir ludes. Jadi yang ada di foto itu tinggal sisa-sianya hihi...Yuk bikin yuk buat keluarga di rumah.

Bahan :
300 gr tempe
100 gr jamur tiram, disuwir
10 bh cabe merah keriting, iris serong tipis
20 bh cabe hijau keriting, iris serong tipis
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
500 ml santan sedang
1 sdt garam
1 sdt gula pasir/gula merah

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar sangrai
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt rebon/rese, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
3 butir kemiri sangrai

Cara membuat :
1. Iris tempe seperti korek api, sisihkan
2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk sampai wangi. Menyusul semua cabe iris, lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Lanjutkan menumis sampai bumbu tumbuk matang dan garing.
3. Masukkan santan, garam dan gula. Aduk aduk supaya tidak pecah sampai mendidih.
4. Masukkan tempe dan masak sampai meresap. Koreksi rasanya.
5. Terakhir masukkan jamur tiram. Biarkan layu. Matikan api.

Hasil : 4 porsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.