Halaman

Minggu, 17 Juli 2016

Cireng Nasi

بسم الله الرّحمن الرّحيم
Assalamu'alaykum



Betapa lamanya saya nggak ngeblog. Makin lama malah semakin males rasanya.
Duh payah. Mood ngeblog kenapa semakin surut aja. Moga moga nggak bertambah parah deh malesnya. Kali ini saya mau nulis resep cireng nasi. Cireng ini dibuat sehari sebelum puasa. Mumpung ada sisa nasi nih daripada mubazir. Resepnya gampang karena semua bahan dicampur jadi satu kemudian dituangi air mendidih. Setelah anget dibentuk lalu digoreng. Lumayan rasanya, apalagi jika ditemani bumbu rujak. Tambah endess. Resep dibawah saya tulis resep cireng saja ya tanpa bumbu rujaknya. Bumbu rujak bisa dibikin dari cabe, garam, gula merah, air asam jawa dan air.


Bahan :
150 gr nasi dingin
200 gr aci/tapioka/kanji
3 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
125 ml air
1 sdt garam
Minyak goreng yang cukup banyak
 
Cara membuat :
1. Dalam wadah besar campur jadi satu, nasi, aci, bawang halus dan daun bawang. Aduk rata, sisihkan.
2. Rebus air dan garam sampai mendidih dan garam jadi larut.
3. Tuang ke dalam campuran nasi dan aci. Tuang merata gitu ya. Aduk menggunakan sendok sampai rata. Biarkan hangat.
4. Panaskan minyak cukup banyak di atas wajan.
5. Ambil adonan sebanyak 1-2 sdm, bentuk bulat pipih menggunakan tangan. Goreng sampai agak kering. Angkat dan sajikan hangat.



4 komentar:

  1. iya nih mba Rina... lama sekali baru ngeblog lagi...ayo mba semangat lagi he he he... ah aku juga sebenarnya juga sedang malas, tapi walaupun sedikit tetap ngusahain posting

    wah iya mba, cirengnya pakai bumbu rujak enak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. obate opo yo mbak biar nggak males hihi....padahal kalo kelamaan males, rasanya bete juga, bingung dan nggak tau harus ngapain

      Hapus
  2. Air diganti kaldu ayam bisa nggak mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja, malah lebih uenak dan gurih kalo pake kaldu ayam

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.