Laman

Jumat, 04 Maret 2016

Puding Roti Capuccino Tabur Keju

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمنِ الرَّ حِيْمِ

Assalamu'alaykum


Jumu'ah Mubarakah !!
Selamat Hari Raya Jumat !!! Senyum dulu ah buat para penggemar DapurManis, hehehe.... Demen banget ya saya bikin puding roti. 
Emang, karena kalo bikin puding roti gini mesti laku sih, makanya saya ketagihan bikin. Bahan yang simple dan mudah divariasikan dengan apa saja membuat saya sering membuatnya. Kali ini saya gabungkan dengan capuccino bubuk karena saya yakin aroma yang sedep ini pasti bikin ngiler. Selain itu ketika saya lagi inspeksi stok logistik di dapur, nemu keju cheddar yang nyaris expired (lirik mb Monica Rampo di Batam sonoh. Gimana, kita berdua sehati juga kan kalo masalah nyaris expired gini hahaha......). Ketauan banget deh suka belanja-belanji tapi nggak perhatian sama barang yang telah dibeli (berasa tengsin...). Kalo udah gini suka merasa bersalah deh pada diri sendiri. Padahal saya sudah betekat mengurangi bikin segala macam cemilan dan lebih banyak mengudap buah segar dan sayur mentah. Meski begitu saya masih suka keluyuran ke toko bahan kue buat cuci mata (niatnyaaaaa....). Tapi masa iya cuma cuci mata doang. Nggak bakal diam nih tangan kalo nggak nyomot sesuatu di sana hihi.....Lha ini kok malah ngoceh nggak karuan. Ok deh sebelum ngelantur saya akhiri saja ngocehnya dan fokus ke pada resep di bawah, biar pada praktek tuh para pembaca DapurManis. Hayuukk........



Bahan :
10-12 lembar roti tawar berkulit
500 ml susu cair
2 sachet (40-50gr) capuccino bubuk
125 gr gula pasir
1/8 sdt garam
100 gr mentega tawar 
2 butir telur utuh, kocok mengunakan garpu asal rata
2 sdm tepung jagung, larutkan dalam sedikit air dingin
100 gr keju cheddar
2-3 genggam chocochips untuk taburan (pake kurma atau kismis juga boleh)

Cara membuat :
  1. Potong-potong atau sobek roti tawar menjadi bagian-bagian kecil. Sisihkan.
  2. Siapkan Light&Hard Frying Pan dari Lock&Lock diameter 26 cm. Masukkan ke dalamnya susu cair dan gula pasir. Nyalakan api dan rebus sampai mendidih serta gula menjadi larut. Matikan api, Segera masukkan garam dan capuccino bubuk, aduk rata. Menyusul mentega, aduk sampai mentega jadi meleleh. Koreksi rasanya. Jika kurang manis, tambahkan gula mumpung masih panas, sehingga gula mudah larut. Biarkan dingin.
  3. Setelah dingin masukkan telur dan larutan tepung jagung, aduk rata kembali. Masukkan roti tawar dan biarkan roti terendam selama 15 menit.
  4. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C. Sementara itu siapkan loyang bulat diameter 20cm, alasi kertas roti dan olesi semua bagian menggunakan minyak/margarin/mentega. 
  5. Setelah oven mencapai suhu yang telah ditentukan, tuang adonan roti tawar ke dalam loyang, ratakan. Parutkan keju langsung di atasnya. Taburkan chocochips.
  6. Panggang dalam oven selama 45-50 menit sampai matang. Lama pemanggangan tergantung oven masing-masing ya. Keluarkan dan dinginkan.
Notes :
* puding ini selain dipanggang, bisa juga dikukus. Jadi kalo nggak punya oven, dikukus aja. Panaskan dulu kukusannya kemudian masukkan adonan ke dalamnya. Ketika dikukus akan naik membubung tinggi dan setelah dikeluarkan akan mengempis.
* jika menginginkan puding panggang yang lembut, panggang dengan cara steam bake atau au bain marie atau ditim. Tau kan ya caranya. Kalo belum caranya gini, panggang loyang adonan di rak tengah kemudian rak bawahnya diberi loyang berisi air panas/mendidih. Cara ini akan mematangkan adonan tapi tidak membuatnya jadi kering. Jika belum pernah, cobain deh. Pasti ada bedanya.




Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Barangsiapa bershalawat kepadaku sekali maka Allaah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali (HR. Muslim 408).

Maa syaa allaah.....

4 komentar:

  1. He he he toss mba kalau masalah bahan2 yang hampir expired ini...ini malah parah mba, berapa hari lalu bye2 1 kaleng skm, expired jan 16, padahal maunya tuh skm mau dibuat dulce de leche, masuk tong sampah deh..

    mba, nih pasti pudding rotinya harum bgt deh..jadi ngiler ah..keju n chocochipsnya banyak gitu di atasnya..menggoda sekalee tampilannya

    buah segar dan sayuran mentah? Toss lagi mba...sama niatan kita, tapi ga bisa nahan kalo ke tbk buat ambil ini itu..hi hi hi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku punya 2 kotak alias 360gr keju cheddar yang hampir exp hihi.......udah berkurang buat bikin puding roti capuccino di atas. Lagi mikir nih, cari ide buat ngabisin sisanya.

      Hapus
  2. ugh..pagi2 dah bikin ngilerrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...tadi pagi dipake sarapan anakku tuh. Enak katanya sarapan pake puding roti capuccino

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.