Halaman

Senin, 07 Maret 2016

Awuk-Awuk Bihun dan Sagu Mutiara

ِِبِسْمِ اللهِ الرَّ حْمنِ الرَّ حِيْم

Assalamu'alaykum


Ini adalah yang kedua kali saya bikin awug-awug sagu mutiara. Yang pertama nggak sempat dijepret karena males hehe....
Iya karena lagi kena sakit mata itu lho. Jadi segala aktifitas setelah selesai di dapur ikutan moody. Resep ini sebenarnya rada ngawur karena hanya memberdayakan bahan yang ada aja. Waktu itu lagi pingin ngemil yang beda aja. Bosyen kalo itu-itu mulu. Akhirnya yaaa beginilah hasilnya. Snack yang bisa dibilang bukan trdisional banget, tapi modifikasi dari awug-awug sagu mutiara ini ternyata sangat laku di rumah. Eh btw saya belum pernah posting awug-awug sagu mutiara ya. Padahal di fb dulu kayaknya pernah diupload deh. In syaa allaah kalo udah ada stok sagu mutiara lagi, dibikin ah trus diposting di sini. Sekarang yuk cekiddot resepnya

Bahan :
125 gr sagu mutiara
100 gr bihun jagung
1/4 butir kelapa agak muda, kupas kulit ari, parut kasar
2 sdm tepung tapioka/aci/kanji
1/4 sdt garam halus
1/4 sdt vanili bubuk
150 gr gula pasir (kurang manis, bisa ditambah)
Daun pisang dan lidi secukupnya

Cara membuat :

  1. Rendam sagu mutiara dalam air hangat suam kuku selama 1 jam sampai mengembang (pastikan airnya agak tinggi karena sagu akan mengembang). Tiriskan.
  2. Sementara itu rebus bihun jagung sampai empuk, angkat dan tiriskan. Potong- potong agak pendek sekitar 4-5 cm.
  3. Dalam wadah besar campur semua bahan : sagu mutiara, bihun rebus dan kelapa parut. Masukkan tapioka, garam, vanili dan gula, aduk sampai rata. Koreksi rasanya.
  4. Ambil daun pisang, beri 2-3 sdm adonan kemudian bungkus bentuk tum. Sematkan lidi.
  5. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya dan kukus selama 30-40 menit sampai daun berubah warna dan matang.
Hasil : 12 bungkus


Note :
Vanili bubuk bisa diganti dengan daun pandan yang dipotong potong. Letakkan setiap potong daun pandan di atas daun pisang kemudian beri adonan di atasnya.

2 komentar:

  1. Aku belum pernah buat olahan dari sagu mutiara...wah kayaknya simpel ini mba....bookmark ah..tunggu mood baru eksekusi, he he he...

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.