Halaman

Jumat, 05 Februari 2016

Puding Roti Tape Asoy....

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamualaykum


Jumuah Mubarakah !!
Posting lagiiii....Kali ini bikin snack yah. Yang pasti dijamin enak deh. Siapa sih yang nggak tau Pak sahak ha ? Ayo ngacung...
Saya sih dah tau Pak Sahak, tapi baru via internet hahahaaa....Belum pernah ketemu offline hihi....meski begitu resep beliau sering banget bersliweran di beranda fb saya. salah satunya Puding Roti Tape Asoy. Ini kebetulan banget, karena saya sudah lama nggak bikin puding roti dan udah stok roti tawar di dalam kulkas. Rencana mau bikin variasi yang lain gitu. Nggak sengaja lha kok resepnya Pak sahak langsung nongol di beranda begitu saya buka fb. Alhamdulillah...Ketika baca resepnya langsung kebayang betapa enaknya puding roti ini. Telurnya cuma pake kuningnya doang sebanyak 5 biji !!!. Kebayang dong bakal lembut puding ini. setelah dingin pun pasti tetep lembut. Dan perkiraan saya benar. Puding ini lembut dan uueenak !!! Tapi saya kurang cermat membaca resepnya. Kacang dan kismis yang seharusnya dimasukkan ke dalam adonan, tidak saya lakukan karena lupa, hihi....Cuma ditabur di atas permukaan doang. Pantesan perasaan kok ada yang kurang. Dan hal itu baru saya sadari ketika adonan sudah masuk oven, hihi....Kalo dalamnya di kasih kacang dan kismis pasti enak banget. Ada sensasi krenyes krenyes kacang dan asam manis kismis. Oh ya kacang kenari yang ada dalam resep saya ganti almond karena saya hanya punya kacang almond di kulkas, nggak punya kenari. Paling enak puding ini setelah masuk kulkas karena teksturnya jadi padat sehingga mudah dipotong juga. menurut saya sedikit agak manis, mungkin karena tapenya sudah manis. Jadi kalo dapet tape manis, gula bisa dikurangi dikit. Atau sebagai penyeimbang bisa dikasih keju jika tidak mau mengurangi gulanya. Jadi manis-manis gurih.

Puding Roti Tape Asoy
Resep : Pak Sahak Pribadi

Bahan :
5 butir kuning telur
25 gr tepung custard
25 gr tepung jagung/maizena
25 gr tepung terigu
125 gr gula pasir
500 gr susu cair
200-300 gr tape singkong, dihaluskan (saya pake 300 gr biar nendang rasanya)
10 lembar roti tawar, dipotong kotak-kotak atau disuir-suir
150 gr margarin cair
100 gr kenari (saya pake almond slice)
100 gr kismis

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang kotak ukuran 20x20x5 cm, alasi kertas roti dan olesi margain/minyak goreng, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
  2. Dalam wadah besar campur kuning telur, tepung custard, tepung jagung, terigu, gula pasir dan susu cair, aduk rata.
  3. Masukkan tape halus, aduk rata.
  4. Menyusul roti tawar, setengah bagian kenari dan setengah bagian kismis, aduk rata.
  5. Terakhir masukkan margarin cair, aduk kembali sampai rata.
  6. Tuang ke dalam loyang kemudian taburi dengan sisa kenari dan kismis. 
  7. Panggang dalam oven selama 50-60 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan. Jika perlu masukkan kulkas supaya teksturnya lebih padat dan mudah dipotong. 


5 komentar:

  1. Mba....mau...duh sudah kebayang ini puding rotinya enak pake banget...
    apalagi kalau dingin...makin enak deh...
    itu tekstur pudingnya, ga tahan lihatnya,pengen ikutan makan...ha ha ha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikiiiiinnnnn..........

      Hapus
    2. mbk ini kudu di oven y? gak bisa dikukus? (efek gak pnya oven,,,hiks hiks)

      Hapus
    3. Boleh dikukus kok tapi akan berbeda pada aroma dan tekstur. Jika dikukus tidak sewangi yang dioven dan teksturnya lebih basah.

      Hapus
  2. Mau coba ah...mumpung libur...

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.