Halaman

Senin, 15 Februari 2016

Pandan Pancake Menggunakan Lock&Lock Hard&Light Frying Pan

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamualaykum




Apa kabar ? Mohon maaf sebelumnya ya teman atas keterlambatan posting resepnya. Kebetulan saya rada sibuk belakangan ini.
Bukannya sibuk beneran, tapi sok sibuk hahahaaa....Anak saya mendapat tugas (team/kelompok) pelajaran tata boga di sekolah untuk membuat Cold Dessert alias makanan penutup yang dingin. Rencana awal saya mengusulkan membuat Triffle. Bahannya gampang sih. Wong cuma cake, puding, buah kaleng dan krim. Tapi ingredients yang sudah disepakati sejak awal diubah-ubah terus oleh anggotanya. Alasannya karena masing-masing anggota seleranya berbeda. Waduh....refot rek !! Padahal resep ini akan di buat di rumah saya. Lha saya yang kebagian tugas bantuin ikutan puyeng kan kalo begini. Sebenarnya buakan bantuin lagi, tapi saya yang bikin triffle-nya ! Sedangkan anak saya jadi asisten. Akhirnya ketika hari sudah mefet saya menentukan untuk membuat ttriffle yang simple. Triffle yang tadinya mau pake eskrim diskip dan cukup pake whip cream aja. Lebih murah sih. Itu salah satu penyebab juga karena bikinnya tanggal tua hahahaaaa..... Nah itu alasan yang pertama. Alasan kedua, internet lemot !! Sudah bertahun-tahun saya nggak ngeluh di blog tentang hal satu ini ya hihi....biasalah kalo musim hujan begini mah, internet di Indonesia emang payah ya. Kalo dipake buka blog, lemotnyaaa luar biasa. Giliran buka fb malah lancar. Ya udah deh saya pantengin fb aja tiap hari hahahaaa....




Nah karena saya sudah mencurahkan uneg-uneg di alinea pertama, selanjutnya saya mau cerita nih kalo saya dihubungi pihak Lock&Lock yang menawarkan Hard&Light Frying Pan via email. Huwaaaaa....langsung saya iyakan saja to, wong dapat gratisan hahahaaa....kumat matrenya. Begitu Frying Pan-nya sampe rumah saya langsung ngabari mb Ashila dan berjanji bahwa saya akan segera eksekusi resep menggunakan pan tersebut. Tapi apadaya, ternyata saya tidak sanggup memenuhinya. Mohon maaf yang teramat sangat buat mb Ashila dan pihak Lock&Lock karena ada kendala seperti yang saya ceritakan di atas. Sebenarnya Pandan Pancake ini sudah dibuat begitu saya selesai membuat triffle. Tapi ya itu tadi, internet lemot setengah mati. Sekarang, apasih sebenarnya Hard&Light Frying Pan ini.

LOCK&LOCK Hard&Light adalah peranti memasak berkualitas yang diproduksi oleh LOCK&LOCK dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1.       Memiliki lapisan Hard-Anodizing*
2.       Memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan produk wajan LOCK&LOCK lainnya
3.       Tahan terhadap goresan dan telah melalui scratch test; lebih dari 13,000 kali menggunakan steel cleaning pad (spons alumunium)
4.       Anti lengket dan mudah dibersihkan
*Penjelasan singkat mengenai teknologi Hard-Anodized:

Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya, karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini. Teknologi ini menjadikan kegiatan memasak lebih lebih aman dan makanan lebih sehat.

Tau nggak kalo sekarang saya lebih demen pake pan ini. Menggoreng ayam, ikan, tahu,tempe saya pake ini lho. Tiap hari lagi !! Lagi demen merawani barang baru hahahaaa....Numis sayur pun pake ini. Ngrebus makaroni buat ngesop, pake ini juga. Seneng deh pakenya. Apalagi pan ini nggak terlalu berat buat saya yang imut body (eh jangan keki lho bacanya. Beneran saya orangnya imut). Selama ini kalo mau beli pan (penggorengan) berkulitas saya suka ragu karena berat. Jujur saya nggak kuat kalo pake perabotan dapur yang berat-berat. Paling ntar juga bakal nganggur tuh. Waktu bikin pancake ini, saya bisa membaliknya tanpa sutil. Jadi dilempar ke atas gitu biar terbalik sendiri. Itu karena Hard&Light ini tidak berat. Keren kan. Nah karena sudah pada tau tentang produk ini, sekarang bikin pancake pandan yuk. Pancake ini sederhana kok karena bahannya mudah didapat. Ketika menyajikan, gunakan gula halus atau saus favorit juga bisa. Menurut saya lebih enak jika menggunakan saus aja. terserah mau pake saus coklat atau yang lain, tetep enak. 


Bahan :
250 gr terigu sebaguna
1 sdt baking powder
60 gr gula pasir
2 butir telur
300 ml santan sedang
50 gr mentega asin, cairkan
1/2 sdt pasta pandan

Cara membuat :
  1. Campur terigu dan baking powder, ayak supaya rata dan bersih, sisihkan.
  2. Dalam wadah lain, kocok telur dan gula menggunakan mixer sampai kental, pucat dan mengembang. 
  3. Masukkan campuran terigu berselang-seling dengan santan sambil dikocok dengan speed rendah.
  4. Tuangkan mentega cair dan pasta pandan, kocok lagi sampai rata. Matikan mixer dan aduk menggunakan spatula, pelan-pelan saja, untuk memastikan mentega sudah tercampur rata dan tidak mengendap.
  5. Panaskan Hard&Light Frying Pan TANPA MINYAK menggunakan api kecil sampai panas.
  6. Ukur adonan sebanyak 50-70 ml. 
  7. Setelah panas, tuang adonan ini tepat di tengah-tengah pan, sehingga berbentuk bulat. Biarkan sampai bagian bawah berwarna kuning kecoklatan dan permukaannya kering. Balik adonan dengan cara melempar ke atas atau dibalik dengan sutil, dan biarkan sampai berubah warna agak kecoklatan. Angkat. Lakukan dengan sisa adonan berikutnya.
  8. Sajikan bersama taburan gula atau saus favorit.
Hasil : 8-9 lembar


Meski hasilnya tidak terlalu banyak, alhamdulillah tetap nikmat. Pancake ini tidak lama langsung ludes. Apalagi waktu dibuat, hujan deras sedang turun. Maa sya Allaah benar-benar nikmat. Oh ya jangan lupa ya jika akan menikmatinya baca basmallah dulu. Ok....

Karena Rasulullah sallallaahu 'alihi wasallam  bersabda :

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ أَنْ لَا يُذْكَرَ اسْمُ اللهِ عَلَيْهِ

Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan. (HR. Muslim dan Ahmad).

4 komentar:

  1. duh mba gayamu sudah kebayang lempar tuh pancake pas ngebaliknya, kayak pendekar...ha ha ha...
    lanjut pokoknya masak pake hard&light...sippp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakaaa....pendekar ??? Pendekar senjatanya sutil kayu hahahaaa.....
      Wis pokoke lagi demen sama Hard&Light-nya Lock&Lock deh. Cucok aku pakenya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. ssstt... sampai sekarang aku kalo di dapur pakenya Hard&Light Frying Pan ini loh. Pan yang lama aku selingkuhin hihihi.....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.