Laman

Sabtu, 12 September 2015

Sambel Goreng Nangka Dan Telur Puyuh

Assalamualaykum


Sudah lama pingin masak sambel goreng nangka muda. Berhubung suka ngiler dengan resep baru akhirnya tertunda sampai sekian lama.
Sambel goreng yang tergolong sayur favorit di rumah selalu dikangeni untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat (lidahnya Jawa banget deh kalo demen sambel goreng hihi). Karena tempo hari ditawari nangka muda oleh tukang sayur, saya ambil aja bersama dengan telur puyuh dan kacang panjang. Paling enak jika sudah nginep ya, jadi bumbu sudah merasuk (meresap) ke dalam. Dinikmati bersama lontong enk juga lho. Atau pake ketupat supaya dengan mirip ketupat sayur ala Padang meski minus krupuk.


Bahan :
500 gr nangka muda
15 butir telur puyuh rebus, kupas kulitnya
10 lonjor kacang panjang, potong 1 cm
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
800 ml santan encer (sisa perasan santan kental)
garam, merica dan gula secukupnya

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
2 cm kunyit
4 butir kemiri
1 sdm ebi, rendam air panas sampai empuk, tiriskan

Cara membuat :

  1. Potong-potong nangka muda, kemudian rebus dalam air mendidih selama 10-15 menit untuk menghilangkan getahnya. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi masukkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Lanjutkan menumis sampai matang dan agak kering.
  3. Masukkan nangka rebus, santan encer, garam, merica dan gula. Jika suka tambahkan kaldu bubuk. Didihkan dan masak sampai santan agak menyusut.
  4. Setelah mendidih masukkan santan kental,  telur puyuh dan kacang panjang. Koreksi rasanya dan masak sebentar. Angkat dari api.


6 komentar:

  1. lagi laper lihat masakan mba ini jadi tambah leper -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk bikin. Enak lho apalagi ndog puyuhnya itu bikin tambah nyamleng

      Hapus
  2. Iya nih mba enak kalau makan ginian pakai nasi hangat atau lontong....
    eh iya mba...targetku nyobain beberapa resep mba Rina sudah mulai terlaksana, nah sudah coba buat cake karamel juga, hasilnya enak tapi ga secantik sarang semutnya mba Rina, hiks..
    tapi lega paling ga sudah pernah buat sendiri he he he...
    aku sudah ngelink ke dapur manis ya mba...makasih banyak resepnya mba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? semoga cocok sama resep di sini yah. terimakasih sudah dilink. Aku link balik ok..
      sarang semut itu soda kuenya pake 1 sdt munjung harusnya. Maaf kalo nulisnya kurang detail. Kalo ditimbang +- 7-8 gr tuh soda kue. Lumayan jumlahnya. Getir dong ??? Insya allah kagak soalnya adonannya encer.

      Hapus
  3. Sukaa banget sama telur puyuh, coba ah kapan-kapan dibikin pakai sayur gini. Biasanya cuma dimakan gitu aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok met cobain resepnya. telur puyuh bisa dimasak macem-macem. Bisa dibacem, dioseng bareng sayur atau dibalado, atau dimasak pake sambel ijo. So pasti nyamleng semua

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.