Laman

Senin, 14 September 2015

Singkong Kuah Kental ala Bapak

Assalamualaykum


Beberapa waktu lalu saya kok kepingin singkong kukus ya. Setelah beli di tukang sayur alhamdulillah dapat singkong bagus.
Ketika dikukus dapat pecah merekah dan empur rasanya. Sayang di rumah yang makan cuma saya. Singkong ini sampai sore nggak ada yang makan. Akhirnya untuk menghindari kebuang percuma saya berpikir si singkong harus segera diselamatkan supaya nggak mubazir. Segera deh pergi ke dapur untuk merebus singkong bersama gula merah. Saya terbiasa bikin singkong kuah kental untuk menghabiskan sisa singkong kukus jika tidak habis dimakan. Jadi seperti bikin kolak gitu. Pertama kali yang ngajari saya bikin adalah alm Bapak. Waktu bapak bikin, jadi rebutan anak-anaknya hehe....Beda halnya dengan alm ibu yang nggak suka masak, tapi hobi menjahit. Air yang digunakan untuk merebus tidak banyak kok karena singkong sudah matang, jadi asal terendam saja. Setelah empuk betul baru masukin gula merah atau gula pasir dan dimasak sampai agak meresap. Beneran enak lho setelah singkong digulain gini. Cepet habis dimakan orang rumah nih singkong beginian. Jika di rumah ada pisang atau nangka bisa juga dimasukkan kok. Malah lebih wangi dan lebih banyak hasilnya.


Bahan :
500-600 gr singkong/ubi kayu kukus
400 ml air
2 lbr daun pandan, simpulkan
50-75 gr gula merah, disisir
1 sdm gula pasir
sejumput garam

Cara membuat :
  1. Masukkan singkong dan daun pandan ke dalam panci kemudian tuangi air. Jika singkong belum terendam tambahkan sedikit air lagi. Rebus sampai singkong empuk dan air menyusut jadi 3/4 bagian.
  2. Masukkan gula merah dan gula pasir serta garam, aduk rata. lanjutkan merebus sampai air gula sedikit meresap dan kuah jadi mengental. 
  3. Jika sudah mengental koreksi rasanya. Tambahkan gula pasir jika kurang manis. Kalo kuah menyusut terlalu banyak boleh ditambah sedikit air panas. Matikan api dan sajikan hangat.
:: tukang pegang reflektor pingin narsis juga ::

8 komentar:

  1. Paling senneg kalo dapet singkong yang dikukus merekah ya mbak^^
    mauuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho'oh soalnya singkong mlethek gini tuh teksturnya empuk dan empur. Nggak keras kayak bantat atau setengah mateng. Kalo ndilalah dapet singkong bantet aku belum tau mau diapain. Dibikin gethuk kali ya.

      Hapus
  2. jadi ini kayak kolak gitu ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup mirip dengan kolak minus santan, dan kuahnya disusutin biar kentel

      Hapus
  3. sederhana tapi enak nih...enak ya mba kalau singkong bisa empuk gitu, hmmm apalagi kalau yang digoreng bisa empuk, makin enak deh....
    mba Rina, foto paling bawah suka deh....penuh kecerian he he he...eh btw aku baru tau kalau ternyata mba Rina ada asisten pegangin reflektor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sederhana dan kalo terlalu lama nggak ngudap snack ginian kangen juga loh
      hahahaaa....itu pas libur hari sabtu kemarin. Karena anakku jadi model, ya harus ada asisten yang megangin reflektor

      Hapus
  4. wah sdh luamaaa banget sy ga bkin spt ini mba... klo sy diajari sm ibu.. hemm jd ngiler lihat fotonya... *cari lap.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk bikin mbak. Sambil nonton tipi atau dengerin radio, nikmat lho ngemil singkong gini

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.