Laman

Selasa, 25 Agustus 2015

Sambel Goreng Tempe Bakar

Assalamualaykum


Banyak nian variasi sambel goreng di sini ya hihi...Ini karena di rumah penggemar sambel goreng.
Masakan Jawa yang bercitarasa pedas manis memang jadi kegemaran suami dan anak-anak. kali ini saya masak sambel goreng tempe aja. Selama ini jika bikin sambel goreng tempenya selalu digoreng dulu. Untuk ngirit minyak biar tidak terlalu lemak, saya mempunyai ide untuk membakar saja tempenya. bakarnya di atas wajan teflon biar cepet dan praktis.Sebagai pelengkap biar sedep, saya beri kikil sapi juga sebagai pengganti krecek. Bahan dasar krecek dan kikil kan sama, sama-sama terbuat dari kulit sapi. Karena ada stok tahu goreng sedikit, cemplungin aja sekalian biar nggak mubazir. Paling enak jika sudah nginep nih karena bumbu sudah merasuk ke dalam.

Bahan :
300 gr tempe bentuk silinder
150 gr kikil sapi yang telah direbus sampai empuk, potong dadu
5 bh tahu goreng, dipotong-potong
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
600 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental tadi)
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong kecil lengkuas
3/4 sdt garam
1 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu halus :
1 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 cm kunyit
3 butir kemiri

Cara membuat :

  1. Potong-potong tempe setebal 1/2-1 cm. Bakar di atas pan anti lengket sampai kedua sisinya kecoklatan. Lakukan sampai habis kemudian potong dadu, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Tumis sambil diaduk-aduk sampai bumbu matang dan agak kering.
  3. Masukkan kikil sapi. Tuangi santan encer. Beri garam, gula dan merica. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa boleh ditambahkan. Masak sampai mendidih.
  4. Setelah santan agak menyusut, masukkan tempe bakar dan tahu. Tuangi santan kental dan biarkan mendidih. Masak sebentar kemudian matikan apinya.

6 komentar:

  1. iya,orang jawa itu apa aja dibilang samel goreng hehehe...kangen cecek^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang. Aku pake kikil karena gak ada cecek. Mirip juga kok kenyal kenyilnya

      Hapus
  2. Wah menu apa pun dengan menggunakan bahan dasar Tempe sangat saya sukai. Sudah sejak lama saya dan keluarga menggemari Tempe. Rasanya kalau menu makan di rumah tidak ada tempe rasanya gimana gitu./ Tempe oseng oseng, semur tempe, apa saja dengan tempe saya suka Hiehihee

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss pak. Tempe itu ibarat teman hidup. Mau senang atau susah tetep makan tempe ya pak hihi...

      Hapus
  3. Tante makasih banyak loh resepnya soalnya suami ku suka bgt kikil dan aku ngk tau cara ngolahnya hihi😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sayang. Suami hobi makan kikil ya. Kikil memang enak dimasak apapun. Mau pake santan atau dibacem oke juga kok. Mau rasa manis atau gurih tetap enak. Met masak-masak lagi ya biar makin disayang suami

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.