Halaman

Kamis, 27 Agustus 2015

Eggless Choco Banana Cake with Cheese Streusel



Assalamualaykum
Di sore hari yang panas, tanpa sengaja saya iseng-iseng buka stok bahan logistik. Lha kok menemukan sebungkus tepung berwarna coklat kehitaman.
Waktu dibaca labelnya ternyata biskuit coklat halus, sisa membuat kukis lebaran yang lalu. Segera kepikir bikin cake pisang karena di freezer ada pisang beku. Langsung ceki-ceki bahan lain supaya bisa segera eksekusi. Saya memutuskan bikin cake dengan metode poundcake/buttercake tanpa telur, yang mudah dan anti gagal. Jika dibandigkan sponge cake, metode butter cake relatif lebih mudah. Ketika mengocok mentega tidak perlu terlalu lama supaya bisa mendapatkan tekstur cake yang halus, tidak terlalu berpori. Jika terlalu lama atau bahkan sampai mengembang, akan mengakibatkan teksturnya berlubang atau sangat beremah karena terlalu banyak memasukkan udara di dalamnya. Setelah matang hmmm wangi. Apalagi biskuit yang saya pake adalah merk yang itu tuuuu, yang sudah terkenal seantero jagat. Saya tidak perlu menambahkan vanili karena memang biskuitnya sudah wangi dari sononya. Lumayan deh cake ini bisa dipake sarapan anak saya keesokan harinya. Untuk streusel, hasil terbaik menggunakan mentega dingin supaya berbutir. Tapi kemarin mentega saya kurang dingin jadi ketika dipanggang hasilnya agak melebar.


Bahan Streusel :
2 sdm mentega dingin
3 sdm tepung terigu
3 sdm gula pasir
75 gr keju cheddar, diparut

Bahan cake :
25 gr tepung jagung/maizena
100 gr tepung terigu
1 sdm coklat bubuk warna gelap
1 sdt baking powder
¼ sdt soda kue
1/8 sdt garam halus
75 gr biskuit coklat tanpa krim, haluskan sehingga menjadi bubuk/tepung (misal biskuit Oreo)
100 gr mentega tawar
100 gr gula pasir
250 gr pisang uli/ambon/kepok/raja, haluskan kasar dengan garpu

Cara membuat :
  1. Streusel : campur semua bahan jadi satu, aduk menggunakan garpu sehingga berbutir-butir seperti pasir. Masukkan ke dalam kulkas supaya agak keras.
  2. Siapkan loyang bulat diameter 20cm tinggi 5 cm, alasi kertas roti dan olesi minyak/mentega. Sisihkan. Panaskan oven suhu 180 derajat C.
  3. Campur jadi satu semua bahan kering seperti tepung jagung, terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue dan garam. Ayak sampai tercampur rata, masukkan biskuit coklat, aduk rata kemudian  sisihkan.
  4. Kocok mentega dan gula menggunakan mixer speed rendah asal rata saja, tidak perlu mengembang (30-40 detik sudah cukup). Masukkan pisang halus, kocok kembali sampai rata.
  5. Menyusul campuran tepung, kocok kembali sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat kental dan pekat. Tuang ke dalam loyang, goyang-goyang supaya permukannya rata. Taburkan streusel di atasnya secara acak. Tekan-tekan sedikit supaya melekat.
  6. Panggang dalam oven sampai matang selama  40-50 menit. Tusuk dengan lidi, jika keluar bersih artinya sudah matang. Jika belum tambahkan waktu panggangnya 5-10 menit lagi.


2 komentar:

  1. streusselnya bikin penasaraaan...
    kriuk ya mba...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika masih anget kriuk bu. Tapi begitu dingin ya enggak lagi

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.