Laman

Minggu, 02 Agustus 2015

Misoa Goreng Sosis

Assalamualaykum


Ketika buka buka stok logistik tanpa sengaja saya menemukan sebungkus misoa di dalamnya. Sueneng deh bisa nemu misoa ini karena saya penggemar misoa goreng.
Setelah buka freezer, masih punya kaldu ayam warna kuning. Sip deh. Masih juga punya sosis, daun bawang dan wortel. Alhamdulillah. Langsung eksekusi bikin misoa goreng yang hasilnya pasti laziz. setelah matang Seperti biasa anak-anak pada cemal cemol nyomotin misoa goreng buatan ibunya.

Bahan :
130 gr misoa kering
1 batang wortel, serut kasar
4 bh sosis ayam/sapi, potong dadu kecil
1 batang daun bawang, iris halus
900 ml air kaldu sisa Ayam Dua Rasa
1 sdt garam (jika diperlukan)
1/2 sdt gula pasir

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt merica butiran

Adonan tepung :
2 siung bawang putih
1/3 sdt ketumbar
2 butir kemiri
1/2 sdt garam
125 gr terigu
150-175 ml air

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi minyak goreng.
  2. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbu halus sampai wangi dan matang. Masukkan sosis, wortel dan daun bawang. Aduk sampai rata.
  3. Tuangi air kaldu. Masukkan garam dan gula pasir. Jika suka boleh diberi kaldu bubuk. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya.
  4. Masukkan misoa dan masak sampai airnya menyusut, tinggal sedikit tapi jangan terlalu kering.
  5. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Dinginkan supaya padat (saya diamkan di suhu ruang selama 2 jam kemudian masuk kulkas semalam).
  6. Adonan tepung : haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam. Campur bumbu halus dan terigu dalam wadah besar dan tuangi air sampai rata dan kental.
  7. Keluarkan misoa dari loyang dengan cara dibalik, buang kertas rotinya dan potong jadi 24 bagian. 
  8. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Celup setiap potongan ke dalam adonan tepung dan goreng sampai kuning kecoklatan. Sajikan bersama cabe rawit, saus sambal atau saus tomat.
Hasil : 24 buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.