Laman

Jumat, 07 Agustus 2015

Sambel Tumpang Lagiii...

Assalamualaykum


Kangen nih sama sambel tumpang. Salah satu makanan favorit orang rumah.

Jika bikin sambel tumpang kadang saya pake campuran antara tempe semangit dan tempe segar. Secara pribadi saya lebih menyukai pake sedikit tempe semangit. Tempe semangit ini berfungsi sebagai penyedap ya. Ditambah ebi (udang kering) akan menjadikan sambel tumpang lebih nendang rasanya. Sedang tempe segar berfungsi sebagai pengental. Makanya biarpun warnanya mirip sambel goreng, tapi tekstur dan rasanya beda jauh hehe...Kalo bikin sambel tumpang saya jadi inget guyonan yang rada gimana gitu. Habis kata tumpang kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih artinya tindih. Karena itulah sambel tumpang sering diplesetkan jadi "sambel wengi" atau "jangan wengi" alias sambel/sayur malam hari hahahaa....Nggak perlu dijelasin maksudnya apaan, pasti udah pada tau kan hihi.....

Bahan :
10 bh tahu goreng segitga, potong 2 bagian
100 gr krecek (kerupuk kulit)
75 gr kacang tholo, rebus sampai empuk
4 lbr daun jeruk purut
2 lbr daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
10 bh cabe rawit merah utuh
50 gr ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
1 sdt garam
2-3 sdt gula merah
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa tua

Bahan rebus :
600 ml air
150 gr tempe semangit, dipotong dadu
200 gr tempe segar, potong dadu
3 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kencur
4 cm kunyit

Cara membuat :

  1. Dalam sebuah panci tuangkan air dan masukkan semua bahan rebus. Rebus semua bahan sampai matang dan air agak menyusut +- 15 menit.
  2. Angkat dan tiriskan semua bahan rebus kemudian dihaluskan/diuleg bersama ebi. Air sisa rebusan jangan dibuang ya.
  3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus kemudian masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Tuangkan bahan tumisan ke dalam air sisa rebusan bumbu. Masukkan tahu, krecek dan kacang tholo beserta cabe rawit utuh.
  4. Beri garam, gula dan santan. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya. Jika suka boleh pake kaldu bubuk dan penyedap rasa. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

2 komentar:

  1. kalo di rumah mbah saya di kediri,sambel tumpangnya lembut,agak grosok2 gitu tempenya....enak banget dimakan sama pecel,atau dicocol pake kerupuk upil hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heh ? kerupuk upil ? opo kui...
      itu tempe semangitnya dihaluskan pake blender sama cabe dan bawang, sedang tempe segernya diuleg pake cobek biar kuahnya jadi kentel gitu maksudnya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.