Laman

Sabtu, 08 Agustus 2015

Chocolate Bread Puding

Assalamualaykum


Punya sisa roti tawar di rumah nih. Beberapa hari lalu ketika belanja di supermarket saya ambil roti tawar sebungkus.
Ketika sampai rumah dan dibuka lha kok udah agak keras yah. Nggak enak dimakan kalo seperti ini mah. Artinya si roti minta diolah hehe...Langsung kepikir mau bikin puding roti deh. Selama ini kalo bikin puding roti selalu dikukus. Liat aja di blog ini yang judulnya pake embel-embel bingka kukus (silakan search di kolom sebelah kanan blog). Kali ini mau dioven karena kangen dengan aromanya yang suka menguar wangi menjelang matang. Bahannya sederhana saja kok. Seperti biasa ya cuma ditaburi almond supaya ada sensasi klethis-klethis ketika digigit. Kalo di rumah ada keju cheddar boleh juga kok ditaburkan di atasnya. Kalo dikukus ?? Boleh bangeeeetttt. Hasilnya lebih moist kalo dikukus cuma minus wangi aja. ketika memanggang jangan kelamaan ya supaya tidak kering hasilnya. Waktu terbaik menikmati puding ini adalah setelah masuk kulkas dan disuap sesendok-demi sesendok sambil ngeteh, ngopi dan baca novel, yummy....


Bahan :

  • 250 gr roti tawar kulit/kupas
  • 75 gr margarin
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr coklat batangan warna gelap, cincang kasar
  • 500 ml susu cair hangat (susu putih/coklat)
  • 2 butir telur
  • 2 sdm coklat bubuk, larutkan dalam sedikit air panas sampai jadi pasta
  • segenggam almond slice untuk taburan
Cara membuat :
  1. Siapkan loyang brownis 2 bh ukuran 10x20x4 cm, alasi kertas roti, olesi margarin, sisihkan.
  2. Oles roti tawar dengan margarin. Sisihkan.
  3. Dalam wadah besar campur susu hangat dan gula pasir, aduk sampai gula larut. Cicip rasanya. Masukkan telur dan larutan coklat, aduk rata.
  4. Tata 1/3 bagian roti tawar di dalam loyang, siram dengan 1/3 bagian susu coklat. Letakkan lagi sisa roti tuangi susu coklat kembali. Lakukan sampai roti dan susu habis. Diamkan selama 30 menit supaya meresap.
  5. Panaskan oven suhu 180 derajat C. Taburkan almond di atasnya, panggang roti selama 40-45 menit. Angkat dan dinginkan. Masukkan kulkas supaya padat.
Note :
* ketika dipanggang roti akan mengembang tinggi. Tapi begitu keluar dari oven akan mengempis. Jadi jangan bingung apalagi panik ya. Itu wajar karena roti mendapat tekanan panas dari bawah sehingga naik. Begitu juga ketika dikukus, akan mengalami hal yang sama.




3 komentar:

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.