Halaman

Senin, 10 Agustus 2015

Tahu Dan Ati Ampela Masak Sambel Kari

Assalamualaykum


Judul di atas adalah menu makan siang keluarga saya hari Minggu kemarin.
Maksudnya sih memberdayakan tahu kuning di kulkas biar nggak basi. Kemarin-kemarin saya males masak sehingga tahu yang sudah dibeli ngendon di kulkas sampai 3 hari. Sebelum keburu rusak saya cari ide untuk mengolahnya. Kebetulan di kulkas ada cabe merah nih. Paling enak dimasak sambel tahu aja. Sebelum saya masak, kebetulan bapaknya anak-anak ke pasar untuk beli ikan buat makan kucing. Pulangnya nenteng ati ampela, Alhamdulillah. Tahunya bisa dimasak bareng ati ampela ini. Resep sambelnya seperti biasa aja hanya diberi bubuk kari biar aromanya sedikit beda. Setelah matang paling josss dimakan bareng nasi hangat. Nyam nyam...

Bahan :
400 gr tahu kuning (pake tahuputih juga boleh)
3 pasang ati ampela, direbus matang, potong-potong
3 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 sdt bubuk kari
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir/gula merah

Bahan sambal :
5 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt terasi bakar

Cara membuat :
  1. Potong tahu menjadi dadu kemudian goreng sampai berkulit, angkat dan tiriskan.
  2. Tumbuk/uleg semua bahan sambal, kasar-kasar saja.
  3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk sampai wangi. Menyusul lengkuas, daun salam, daun jeruk dan bumbu kari. Aduk-aduk sampai agak kering. Masukkan santan, garam dan gula. Biarkan mendidih.
  4. Terakhir masukkan tahu dan ati ampela, aduk sampai rata. Koreksi rasanya. Masak sampai santan menyusut dan mengering. Matikan api.


1 komentar:

  1. paling nikmat kalo dimakan sama nasi anget plus krupuk,dueh.....lewat mertua heheeh

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.