Halaman

Sabtu, 01 Agustus 2015

Cireng Sosis Kuah Cuko

Assalamualaykum


Masih dalam rangka pasca lebaran yang masih sepi jajanan nih. Selang sepuluh hari setelah lebaran anak saya pingin makan cireng.
Karena tukang gorengan belum ada sama sekali akhirnya bikin sendiri di rumah saja. Saya kepikir untuk memadukan cireng dengan kuah cuko yang asam manis. Seperti pendahulunya yaitu Rujak Cireng, cireng pasti cocok juga dengan kuah cuko ini. Cireng yang gurih diguyur kuah cuko pasti sangat segar, pas dinikmati di siang hari yang sangat terik. Sebagai variasi, cirengnya saya beri irisan sosis yang dipotong dadu kecil-kecil. Setelah matang, cireng ini rasanya gurih, teksturnya krauk-krauk alias renyah ketika masih hangat. Setelah dingin nggak terlalu alot karena tepungnya hanya pake aci saja tanpa terigu.

Bahan kuah cuko :
500 ml air
200 gr gula merah
100 gr gula pasir
100 ml air asam jawa

Bumbu yang dihaluskan untuk kuah cuko:
8 siung bawang putih
5 bh cabe rawit merah
3 bh cabe merah keriting
1 sdt ebi, rendam air panas sampai lunak
1/2 sdm garam

Bahan cireng :
200 gr aci/kanji/tapioka
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
4 bh sosis ayam/sapi, potong dadu kecil
200 ml air
1/2 sdt garam

Cara membuat :

  1. Kuah cuko : dalam sebuah panci masukkan air, gula merah, gula pasir, air asam dan bumbu halus. Rebus sampai mendidih. Cicip rasanya. Jika kurang, bisa ditambah gula dan cuka. Angkat dan saring. Buang ampasnya.
  2. Cireng : dalam wadah besar aduk aci, bawang putih halus, sosis dan daun bawang, sisihkan.
  3. Rebus air dan garam sampai mendidih. Jika suka boleh ditambah kaldu bubuk atau penyedap rasa.
  4. Tuang air mendidih ini ke dalam campuran aci, aduk rata menggunakan sendok. Adonan yang terbentuk liat, pekat dan lengket.
  5. Panaskan minyak di dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok teh bentuk adonan aci sebesar kelereng. Masukkan dalam minyak panas, goreng menggunakan api kecil sampai matang dan kering. Adonan akan mengembang, jadi jangan terlalu banyak memasukkan ke dalam wajan. Setelah kering angkat dan tiriskan. Sajikan bersama kuah cuko.

5 komentar:

  1. wah,berasa makan mpek2 ya mbak hehehe....cuko tapa cuka rasanya gmn ya??penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang kecut menurutku. Tapi karena lambung nggak mau sama cuka ya kepaksa pake asam jawa aja.

      Hapus
  2. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.