Pages

Friday, March 14, 2014

Rujak Cireng

Assalamualaykum


Beberapa hari terakhir di fb selalu bersliweran rujak cireng yang ditawarkan secara online.
Kalo cireng sih sudah biasa makan, tapi kalo dinikmati dengan bumbu rujak kayak apa ya. Karena tiap hari mucul di fb jadi penasaran. Jujur saya belum pernah makan rujak cireng, hanya ngiler doang. Menurut perkiraan saya bumbu rujak yang dipake adalah bumbu rujak seperti pada rujak buah. Kalo rujak buah bumbunya hanya cabe, garam, air asam dan gula merah. Manis-manis asem gitu. Dan untuk mengobati penasaran saya, kemarin langsung bikin aja. Adonan cireng saya bikin seperti pada Tahu Aci Bumbu Kacang. Saya pilih resep ini karena membuatnya mudah, tidak perlu nguleni seperti Cireng ala Abang Gorengan. Tapi adonannya lengket dan tidak bisa dibentuk macem-macem, hanya bisa dibentuk bulat-bulat pake sendok. Dari segi tekstur, yang ini lebih empuk, rasa alot/liatpun hanya sedikit sekali. Dan ketika matang saya nyicip cireng yang dicelup bumbu rujak ini, dan masya Allah enak banget. Cireng gurih dinikmati dengan bumbu rujak yang asam manis ternyata bisa pas. Alamat bakal jadi makanan favorit ini. Kapan-kapan bikin lagi ah. Enak gitu....

Bahan saus/bumbu rujak :
5 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah
garam secukupnya
50 gr gula merah
2-3 sdm air asam jawa
50 ml air suhu ruang

Bahan cireng :
200 gr aci/kanji/tapioka
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
200 ml air
1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Saus rujak : uleg semua cabe dan garam di atas cobek batu. Masukkan gula merah dan uleg lagi sampai gula menjadi halus dan liat. Tambahkan air asam, aduk rata. Terakhir masukkan air suhu ruang. Cicip rasanya. Jika kurang encer tambah air lagi secukupnya.
  2. Cireng : dalam wadah besar aduk aci, bawang putih halus dan daun bawang, sisihkan.
  3. Rebus air dan garam sampai mendidih. Jika suka boleh ditambah kaldu bubuk atau penyedap rasa.
  4. Tuang air mendidih ini ke dalam campuran aci, aduk rata menggunakan sendok. Adonan yang terbentuk, liat, pekat dan lengket.
  5. Panaskan minyak di dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok teh bentuk adonan aci sebesar kelereng. Masukkan dalam minyak panas, goreng menggunakan api kecil sampai matang dan kering. Adonan akan mengembang, jadi jangan terlalu banyak memasukkan ke dalam wajan. Setelah kering angkat dan tiriskan. Sajikan bersama saus rujak.


27 comments:

  1. huhuhu...... mau mbak....
    catet ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku doain lagi biar ketagihan rujak cireng selain seblak, hihi....

      Delete
  2. Wa'alaikum salam..., terimakasih ya mbak...

    ReplyDelete
  3. Hayoooo... rupa2nya makin sering betgulat dg per-sambel-an yah.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa.....belum tobat sama sambel bu gulu.....terakhir makan lalap dan sambel, kena maag plus diare bu, hihi...
      heran deh bisa bandel gini ya, hihi....

      Delete
  4. Assalamualaikum Rina..rindu juga mahu blog walking seperti dulu. semoga sentiasa sukses ya dengan menu2 yang semakin eynak2 semuanya. Mau juga dirasa..ada lagi nggak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaykumsalam kak CT.
      Terimakasih untuk doanya kak. Jika ingin rujak cireng, boleh nanti dibuatkan lagi, spesial buat kak CT. Semoga kak CT sukses juga ya terutama buku terbarunya, semoga laris manis....

      Delete
  5. ternyata ckup mudah ya klau mau buat sendiri,,,,

    ReplyDelete
  6. Tq Ɣå媪"̮ mbak resepnya, besok biar tak coba.....

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. gak pake terigu. 100% tepung kanji/aci. Katanya kalo pake terigu jika dingin berasa agak alot. Cuma saya belum pernah bikin yang pake terigu jadi belum tau bedanya.

      Delete
  8. mbak, tepung tapioka sama dengan sagu bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapioka/aci/kanji yang dimaksud adalah tepung yang terbuat dari singkong ya bukan sagu dari pohon sagu itu.

      Delete
  9. Ini enak bgtttttt!! Lgsg tiap hari bikin ini saking enak dan gampang. Makasih mbak resep nyaaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap hari bikinnya ??? Walaaaahhh puas dong yang makan hihi...

      Delete
  10. top markotop deh mba...,resepx mudah,rasax enaak..
    sdh 3x bikin,dan langsung ludess seketika. hehehe
    Mksh ya mba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. Seneng deh kalo disukai keluarga....

      Delete
  11. wah ada2 aja nih cireng kreasinya , mkasih infonya :)
    http://nahlafashion.com/

    ReplyDelete
  12. Setelah adonan liat gak perlu dtabur kanji lg kah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu ditabur kanji lagi. Tapi kalo mau ditabur lagi silakan aja nggak ngaruh terhadap kekeyalannya kok.

      Delete
  13. waw mantab resepnya, kaloga mau repot-repot pesan aja disini di http://rujakcireng.net/

    ReplyDelete
  14. Ijin numpang lapak ya...
    Ane juga jualan cireng, merk nya neng siti...
    Soal rasa silakan dicoba dan dibuktikan sendiri...beberapa customer menyatakan cireng ini lebih enak di banding dengan yg pernah di coba oleh nya... ^_^

    Melayani eceran dan grosiran juga...

    Selain cireng ada juga aneka makanan beku yang lain...

    Mampir ya di.. http://hidayah-frozen-food.indonetwork.co.id/prod

    Makasih banyak ya...ama yg punya blog.... ^_^

    ReplyDelete
  15. makasih resepnya nih, jdi pengen nyoba deh, kebetulan penggemar cireng tapi blm pernah bikin, xixixi

    ReplyDelete
  16. Wah mantap resepnya...tapi ada rahasianya loh kenapa rujak cireng sekarang jadi booming di pasaran. Apa ya kira2 rahasianya? oiya bagi men-temen.. yang repot bikin sendiri cirengnya, ini ada nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan rujak cireng yang terkenal itu loh .. 085 890 140 643 atau PIN 7C9471 8A.
    Bunda Rina... makasih ya atas share resepnya..

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum,,
    Wah jadi tergoda bikin cireng nih bun,,
    Trims resepnya ^_^
    Kalo sukses aku share di blog aku hehhe

    ReplyDelete